Scroll to Top

Sacha Dratwa, Komando Perang Media Sosial Israel

By Ibnu Azis / Published on Friday, 23 Nov 2012

Sacha Dratwa

Siapa menduga kesuksessan Israel dalam kampanye media sosial mereka berada ditangan pemuda 26 tahun. Ia adalah Sacha Dratwa, imigran asal Belgia sekaligus Kepala Bidang Media Sosial IDF.

Sacha Dratwa menikmati masa mudanya laiknya pemuda lain. Ia menggandrungi vodka, gemar berenang, bergaul dengan teman, kesemua aktivitas ini bisa dilihat di laman Facebook-nya. Namun siapa sangka Sacha Dratwa adalah mesin perang propaganda Israel di internet.

Dua tahun terakhir Sacha Dratwa mengisi pucuk pimpinan operasi media sosial IDF yang lahir sejak operasi militer digulirkan ke Gaza pada tahun 2008. Kurun waktu ini dimanfaatkan Sacha Dratwa dengan menggunakan channel Youtube serta akun Facebook IDF.

Tak berhenti begitu saja, dalam setahun belakangan Sacha Dratwa menciptakan sebuah game dengan gaya Foursquare yang disematkan ke blog resmi IDF. Game ini tentu saja berisi propaganda Israel yang mampu menarik perhatian netizen.

Sacha Dratwa
Aktivitas Sacha Dratwa di markas IDF

Sacha Dratwa sadar benar akan peluang dan potensi media sosial. Dengan mengalirkan konten ke Twitter, Facebook, Instagram, atau Pinterest, diplomasi publik Israel akan lebih dahsyat. Konten-konten di media sosial ini akan memicu warga Israel untuk memertahankan negaranya di internet.

Sacha Dratwa pun juga aktif di Facebook. Ia memiliki 2.457 pelanggan. Uniknya, Sacha Dratwa baru bergabung dengan Facebook pada tahun 2009 lalu. Memang sangat terlambat. Namun sejak itu ia sudah disibukkan dengan aktivitasnya berperang di media sosial membawa bendera Israel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda