Scroll to Top

Perempat Final Piala Dunia U-20: Spanyol Tersingkir dalam Drama Adu Penalti 2-4 oleh Brazil

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 15 Aug 2011

Nasib kurang beruntung kini dialami Oriol Romeu. Eks pemain Barcelon ini tidak bisa memperkuat klub barunya, Chelsea, karena berlaga di Piala Dunia U-20. Chelsea sendiri dalam pertandingan pertama Liga Inggris hanya mampu bermain imbang 0-0 saat bertandang ke Stoke City. Padahal, Chelsea menguasai jalannya pertandingan.

Entah tertular oleh Chelsea atau tidak, nasib tim nasional Spanyol yang dibela Romeu pun sama. Menghadapi Brazil di perempatfinal Piala Dunia U-20, Spanyol cuma bisa bermain imbang 2-2 selama 120 menit. Bahkan dalam babak adu penalti, Spanyol tersingkir karena kalah 4-2. Padahal, dari ball possession dan jumlah tembakan ke gawang, Spanyol lebih unggul daripada tim Samba.

Spanyol tampil menggigit di awal-awal pertandingan. Namun, justru Brazil yang lebih dahulu unggul pada menit 35. Umpan cantik Philippe Coutinho dimaksimalkan oleh Henrique untuk melepaskan tendangan lengkung. Bola yang membentur mistar muntah dan di sanalah berdiri sosok Willian yang melepaskan tendangan voli dari jarak lima yard. 1-0.

Tertinggal 0-1, Spanyol semakin gencar menyerang. Namun, gol balasan baru terjadi pada babak kedua. Bola chip Hugo Mallo diselesaikan dengan sempurna oleh Rodrigo untuk menggetarkan gawang Gabriel, kiper Brazil.

Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit. Maka, dimulailah babak perpanjangan waktu. Brazil kembali unggul. Dudu menuntaskan umpan satu-dua dengan Henrique melalui tendangan yang menusuk sudut bawah gawang Spanyol yang dijaga Fernando Pacheco.

Namun, cuma butuh waktu 2 menit untuk Spanyol demi menyamakan kedudukan. Alvaro Vazquez mencetak gol kelimanya pada turnamen ini sekaligus mengantar Brazil bertaruh keberuntungan dalam adu penalti.

Di sinilah letak superioritas Gabriel. Kiper Brazil ini sukses menepis tendangan pertama Spanyol yang dieksekusi Jordi Amat dan tendangan keempat yang dilakukan, ironisnya, oleh sang top skorer turnamen, Alvaro Vazquez. Sementara itu, empat penendang penalti Brazil sukses tanpa cela. Alhasil, Brazil lolos ke babak semifinal dan bersiap menghadapi Meksiko. Sementara, Spanyol U-20 gagal meniru kesuksesan Spanyol U-19 dan U-21 yang menjadi juara Eropa tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda