Scroll to Top

Blogging Bantu Ibu Baru, Lepas dari Stres

By Ilham Choirul / Published on Friday, 23 Nov 2012

woman-blogger

Aktivitas blogging dapat menjadikan ibu baru, terbebas dari kungkungan stres. Ibu baru, yang punya anak masih satu orang dengan usia di bawah 18 bulan, kerap mengalami tekanan pikiran. Menjadi seorang ibu baru, memang tidak mudah. Butuh mental yang kuat untuk bisa menghadapi perubahan baru. Dan, menjadi blogger adalah salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres ini. Demikian hasil studi yang dilakukan Penn University.

Brandon T. McDaniel, peneliti studi mengatakan, seorang ibu baru, sangat berpotensi untuk kehilangan rasa nyaman mereka. Bisa jadi hal tersebut akan terkait dengan hubungannya dengan suami atau berhubungan dengan pengasuhan anak. Jika tidak ditanggulangi dapat menuju ke arah depresi.

“Sepertinya blogging membantu para wanita ketika mereka menjalani transisi menjadi ibu. Sebab mereka mungkin mulai merasa lebih terhubung dengan keluarga dan teman-teman, yang membuatnya merasa lebih didukung,” kata McDaniel, seperti dikutip Times of India.

Pada studi ini dilibatkan 157 ibu baru. Mereka diteliti tentang aktivitas penggunaan media yang dihubungkan dengan kesejahteraan. Dari situ diketahui, ada beberapa aktivitas yang dilakukan oleh ibu baru. Yaitu bermain di jejaring sosial seperti MySpace atau Facebook, dan blogging dengan membaca serta menuliskan suatu cerita.

Hasilnya, berselancar di dunia maya dan terhubung dengan teman di jejaring sosial tidak lantas membuat ibu baru, merasa bahagia. Justru sebaliknya, saat mereka membaca dan menulis apapun dalam situs blog, membuat perasaan mereka lebih tenang. Ini berkontribusi pada menurunnya tingkat stres dan mencegah terjadinya depresi.

Dari aktivitas bloggingnya diketahui ada 61 pesen ibu baru, yang mereka menulis untuk blog pribadi.  Sekitar 76 persen aktif membaca artikel blog. Sebanyak 89 ibu baru, mengatakan, telah mengisi blognya dengan beragam pengalaman pribadinya dan bertujuan berbagi bersama pembacanya. Dan, 86 persen ibu baru tersebut meggunakan blog sebagai media untuk mendekatkan diri dengan anggota keluarga lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda