Scroll to Top

Jolla Sailfish OS Diluncurkan, Kompatibel Dengan Beberapa Aplikasi Android

By Ditya / Published on Friday, 23 Nov 2012

Jolla Sailfish OS

Sistem operasi Jolla Sailfish akhirnya resmi diluncurkan di Helsinki  ini kabarnya kompatibel dengan beberapa aplikasi Android. Sailfish adalah pengembangan dari MeeGo yang merupakan sistem operasi mobile hasil kerjasama Intel dan Nokia ini kini dikembangkan oleh Jolla dengan nama Sailfish.

Jolla mengadakan acara peluncuran resmi sistem operasi Sailfish OS di ajang SLUSH 2012 yang dilaksanakan di Helsinki, Finlandia. Sailfish OS ini adalah sistem operasi penerus dari MeeGo yang dulu dikembangakan oleh Intel dan Nokia.

Salah satu keunggulan sistem operasi Jolla Sailfish OS ini adalah kemampuan multitasking yang tangguh. Tak hanya itu, pengembang Sailfish OS ini mengatakan banyak aplikasi Android yang kompatibel dengan Sailfish OS ini tanpa harus dimodifikasi.

Tak mengherankan jika Sailfish OS ini kompatibel dengan beberapa aplikasi Android tanpa modifikasi, karena kedua sistem operasi ini sama-sma menggunakan basis dari sistem operasi open-source Linux.

Sistem operasi besutan Jolla ini hadir dengan tampilan yang indah, halus, dan mengusung desain yang minimalis. Sailfish OS ini juga terdapat tampilan mirip Live Tiles milik Windows Phone dan juga kemampuan multitasking yang mirip dengan BlackBerry 10 besutan RIM.

Sistem operasi Jolla Sailfish OS ini kabarnya telah mendukung prosesor dual-core dan pengembang berjanji akan memperluas dukungan Sailfish OS pada prosesor multicore. Sistem operasi ini telah diujicoba di prosesor ST Ericsson NovaThor dual-core dan berjalan dengan baik.

Seperti yang dilansir dari Hexus (22/11/2012), kehadiran sistem operasi Jolla Sailfish OS ini akan bersaing dengan sistem operasi baru lainnya seperti BlackBerry 10 dan Firefox OS. Tak hanya itu, sistem operasi Sailfish OS ini juga akan berhadapan dengan Android, iOS, dan Windows Phone. Penasaran? Simak video berikut.

Review oleh Hexus :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda