Scroll to Top

Jose Antonio Camacho Resmi Menjadi Pelatih Tim Nasional China

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 15 Aug 2011

Jose Antonio Camacho akhirnya resmi menjadi pelatih Republik Rakyat Cina. Mantan pelatih Spanyol ini langsung diberi tugas berat untuk membawa Cina melalui babak kualifikasi ketiga pra Piala Dunia 2014 zona Asia.

Dalam babak kualifikasi ini, Cina akan berada satu grup dengan Irak, Singapura, dan Yordania. Meskipun sepertinya bisa mengatasi Singapura dengan mudah, tentu bukan pekerjaan mudah untuk menjinakkan Irak dan Yordania yang pada Piala Asia 2011 lalu sama-sama lolos ke putaran final.

Camacho yang juga pernah menjadi pelatih Real Madrid, tampaknya tidak ambil pusing dengan keadaan ini. Ia berkomentar, “Saya bahagia menjadi pelatih tim nasional Cina. Saya harap rakyat Cin akan memberikan dukungan luar biasa mereka ketika kami bermain; sehingga kami juga akan menampilkan yang terbaik untuk mereka. Saya sangat sadar dengan target ini. Kami akan bekerja keras untuk meningkatkan penampilan tim nasional dan berjuang untuk meraih satu tiket ke Piala Dunia 2014.”

Sebenarnya, tugas Camacho tidak hanya masalah timnas. Tapi juga memupuk kepercayaan diri pemain dan kepercayaan rakyat Cina yang terlanjur menganggap sepakbola mereka mengalami penurunan drastis. Ya, Cina memang pernah masuk ke Piala Dunia 2002 meski menjadi bulan-bulanan. Namun, belakangan, prestasi mereka merosot dan skandal pengaturan skor merebak dalam sepakbola domestik mereka. Camacho tidak hanya harus memberikan kemenangan demi kemenangan untuk tim Tirai Bambu, tapi juga memperbaiki citra timnas yang sudah jatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda