Scroll to Top

Tips Merawat Kesehatan Kuku

By Ilham Choirul / Published on Friday, 23 Nov 2012

kuku

Sebagaimana kulit, kuku juga mesti dirawat dengan baik. Kuku yang sehat dan terawat lebih tampak bersinar dibanding yang dibiarkan asal-asalan. Kuku juga menjadi bagian dari keindahan dalam berpenampilan.

Namun, kuku juga bisa memiliki banyak masalah. Beberapa hal yang membuat kuku menjadi rusak adalah perubahan iklim, faktor makanan, infeksi jamur, terlalu sering terpapar air, dan kekurangan vitamin.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar kuku selalu sehat dan tampak indah:

  1. Berikan pelembab pada kuku Anda pada pagi dan sore hari. Di kedua waktu itu, cuaca yang kering dan dingin bisa memicu kuku mengelupas dan memisah.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung belerang, biotin, atau vitamin B. Sebab, zat tersebut dapat membuat kuku menjadi kuat dan tidak rapuh.
  3. Kalau ada indikasi serangan jamur pada kuku, segera obati dengan salep atau krim yang berguna mengatasi jamur. Gosok juga kuku Anda untuk mengurangi akumulasi jamur.
  4. Hindari kuku dari terkena air dalam waktu lama. Air menyebabkan pengelupasan dan memberikan efek kering pada kuku. Kalau memang  memiliki aktivitas yang tidak bisa lepas dari air, pakai saung tangan anti-air
  5. Makan suplemen yang mengandung biotin. Tujuannya agar tubuh dapat memroses asam lemak dan protein. Dosisnya cukup dua setengah miligram per hari untuk membuat kuku lebih kuat. Usahakan pula untuk mengambil beberapa porsi daging, susu, atau kacang setiap hari.
  6. Untuk mengelupas stiker atau melakukan pekerjaan ringan lainnya, hindari membebankannya pada kuku.  Cari alat lain yang sesuai. Kekuatan kuku juga memiliki batasan.
  7. Sebisa mungkin hindari untuk memakai cat kuku. Aktivitas memoles dan menghapus cat kuku dapat membuat kuku rapuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda