Scroll to Top

Cara Merawat Kulit bagi Ibu Hamil

By Ilham Choirul / Published on Friday, 23 Nov 2012

hamil

Kondisi wanita yang sedang hamil berbeda dengan wanita umumnya. Jumlah hormon yang ada dalam tubuh wanita hamil cenderung berfluktuasi. Salah satu efeknya adalah mempengaruhi kondisi kulit. Kulit kadang menjadi sangat sensitif.

Oleh karena itu, perawatan kulit pada ibu hamil berbeda dengan saat tidak hamil. Perawatannya memerlukan perhatian khusus. Dikutip dari Times of India, berikut ini lima tips merawat kulit bagi ibu hamil:

  1. Jauhi sinar matahari. Fluktuasi hormon menyebabkan kulit mudah sensitif. Kulit menjadi lebih peka terhadap pigmentasi yang membuat warna kulit gelap. Kalau mau keluar rumah, tutupi bagian tubuh yang diperlukan. Bawa payung atau pakai topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari.
  2. Pakai krim tabir surya. Fungsinya agar sinar ultraviolet dari matahari tidak memberikan efek buruk bagi kulit. Sebaiknya pilih tabir surya dengan kandungan SPF30++. SPF30 adalah acuan bahwa tabir surya tersebut melindungi dari sinar UV B dan +++ artinya melindungi dari sinar UV A. Gunakan 30 menit sebelum Anda keluar rumah. Dan, ulangi lagi pemakaiannya setelah 3-4 jam jika masih diperlukan.
  3. Jauhi bahan kimia di rumah. Memakai berbagai produk kosmetik bisa  membahayakan janin. Zat kimia tertentu diyakini akan memberikan reaksi negatif untuk janin. HHindari memakai kosmetk yang mengadung hidrokuinon, steroid dan zat pemutih berbahaya. Konsultasikan dengan dokter Anda agar memahami bahan kimia yang mestinya dijauhi. Lebih baik lagi jika selama hamil, Anda berusaha untuk tidak terlalu banyak berhubungan dengan bahan kimia termasuk pada kosmetik.
  4. Pakai produk yang mengandung Alpha Hidroxy Acid. Ini adalah bahan alami dalam menangani pigmentasi yang aman bagi wanita hamil. Bahan ini bisa berupa asam glikolat yang terbuat dari tebu, dan asam laktat yag dibuat dari susu. Zat ini bisa dipakai bersamaan dengan kosmetik pelindung matahari. Kalau bisa, cari produk yang merupakan kombinasi asam glikolat dan asam laktat. Zat ini bisa ditemui dalam produk pelembab.
  5. Konsultasikan ke dokter jika mengalami masalah kulit. Mungkin wanita hamil mengalami ruam kulit, gatal, atau masalah kulit lain. Anda perlu konsultasi ke dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda