Scroll to Top

FIM Rilis Update Kalender Resmi MotoGP 2013

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 24 Nov 2012

MotoGP

FIM kembali merilis update terbaru kalender resmi MotoGP untuk musim 2013. Pada perubahan terbaru ini, seri MotoGP Argentina yang sedianya akan digelar pada tanggal 14 April 2013, dicoret dari daftar.

MotoGP Argentina yang rencananya akan digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo dicoret dari daftar setelah sebelumnya pemerintah Spanyol memberikan travel warning bagi warganya yang ingin ke Argentina.

Peringatan tersebut secara langsung juga ditujukan kepada tim MotoGP dengan sponsor Repsol yang merupakan sponsor dari negeri matador. Hal itu terkait dengan perselisihan antara pemerintahan Spanyol dengan pemerintahan Argentina.

Dorna selaku pemegang hak siar diberi waktu oleh FIM untuk merampungkan jadwal MotoGP 2013 hingga tanggal 18 November. Pada tanggal tersebut, travel warning dari pemerintah Spanyol masih diberlakukan.

Pada tanggal 20 November, Pemerintah Spanyol memberikan notifikasi kepada Dorna bahwa travel warning tersebut telah dihapuskan. Akan tetapi, kalender terlanjur disahkan dan Argentina telah resmi dicoret dari MotoGP 2013.

Namun sebagai komitmen dari Dorna Sport, seri MotoGP Argentina akan kembali dimasukkan ke dalam kalender MotoGP 2014 dan seterusnya sesuai dengan kontrak tiga tahun yang telah disetujui Dorna dan pihak penyelenggara sirkuit.

Dengan pencoretan Argentina dari kalender, maka MotoGP 2013 akan berlangsung dalam 18 seri, dimana seri Qatar diundur menjadi tanggal 7 April dan seri Austin Amerika menjadi pengganti Estoril sebagai seri kedua.

Updated 2013 MotoGP calendar:

Round 1: 7 April Qatar* Losail
Round 2: 21 April Americas Austin
Round 3: 5 May Spain (STC) Jerez
Round 4: 19 May France Le Mans
Round 5: 2 June Italy Mugello
Round 6: 16 June Catalunya Catalunya
Round 7: 29 June Netherlands** Assen
Round 8: 7 July Germany Sachsenring
Round 9: 21st July United States***Laguna Seca
Round 10: 18 August Indianapolis Indianapolis
Round 11: 25 August Czech Republic Brno
Round 12: 1 September Great Britain Silverstone
Round 13: 15 September San Marino Misano
Round 14: 29 September Aragon Aragon
Round 15: 13 October Malaysia Sepang
Round 16: 20 October Australia Phillip Island

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda