Scroll to Top

PSSI Terima Dana Dari Menpora 800 Juta

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 24 Nov 2012

Andi Mallarangeng

Setelah berjuang cukup lama, PSSI akhirnya menerima suntikan dana dari Menpora Andi Mallarangeng sebagai biaya operasional Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF 2012. Hanya saja jumlah dana yang dikucurkan Menpora tidak seperti yang dibutuhkan PSSI, yakni sebesar Rp 2 Miliar.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, Menpora segera mengucurkan dana sebesar Rp800 Juta untuk membiayai operasional Timnas Indonesia.

Dalam konfirmasinya, Deputi IV Kemenpora Djoko Pekik Irianto tidak membantah soal kucuran dana dari Menpora tersebut.

Djoko menjelaskan jika kebijakan itu diambil, setelah melakukan pertimbangan matang dan melihat proses terbentuknya timnas, hingga pada akhirnya angka Rp800 Juta menjadi pilihan.

“Dananya Rp 800 juta” ungkap Djoko.

Berkaitan dengan nilai nominal sebesar Rp 800 juta, Djoko memaparkan bahwa anggaran untuk sepak bola telah banyak terserap timnas U-12, U-14, U-22, dan futsal.

Dana Rp 800 juta tersebut rencananya akan segera dicairkan, meski harus melewati beberapa proses, semisal Kemenpora baru melakukan proses gratifikasi.

“Sudah ditindaklanjuti Menpora. Untuk pencairannya, PSSI sudah mengerti” tambahnya.

Sementara itu dalam konfirmasinya di MetroTv, penanggung jawab Timnas Indonesia Bernhard Limbong menyampaikan terima kasihnya kepada Menpora Andi Mallarangeng yang akhirnya bersedia mengucurkan dana.

Menurut Limbong, pemerintah akan kembali mengucurkan dana jika Timnas Garuda berhasil lolos dari babak penyisihan grup Piala AFF.

Masalah tertahannya dana Menpora untuk Timnas Indonesia memang tidak terlepas dari konflik kepengurusan antara PSSI Djohar Arifin dan KPSI pimpinan La Nyalla.

Selain dualisme kepemimpinan yang memunculkan dualisme kompetisi, konflik itu juga berdampak pada munculnya dua Timnas Indonesia.

Namun kini, Federasi sepakbola Asia Tenggara telah memutuskan bahwa Timnas yang berhak mewakili Indonesia adalah tim yang berada di naungan PSSI Djohar Arifin sebagai organisasi legal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda