Scroll to Top

Pasar Smartphone Kini Berusia 20 Tahun

By Ditya / Published on Saturday, 24 Nov 2012
IBM Simon HTC Salsa
IBM Simon dan HTC Salsa

Kemarin (23/11/2012), pasar smartphone resmi telah berusia 20 tahun. Seperti yang kita lihat sekarang, perkembangan pasar smartphone begitu pesat. Smartphone saat ini sebagian besar telah menggunakan media input full touchscreen, lalu seperti apa smartphone era awal kelahirannya? Berikut ulasannya.

Smartphone pertama kali muncul adalah Simon besutan raksasa biru IBM. Saat itu, smartphone Simon ini muncul di ajang pameran dagam COMDEX yang diadakan di Las Vegas. Smartphone berkodenama Angler meluncur pada 23 November 1992.

IBM Simon ini menggabungkan fungsi ponsel dengan PDA (Personal Digital Asisstant). Kemampuan IBM Simon saat itu termasuk “wah”, smartphone pertama di dunia ini mampu melakukan dan menerima panggilan, mengirim dan menerima email serta fax, dan menggunakan input touchscreen dengan bantuan Stylus.

Smartphone IBM Simon ini terjual hingga 50.000 unit. Simon dibekali dengan ruang penyimpanan yang cukup besar di masanya, yakni 1MB. Saat itu, IBM Simon ini mengusung desain yang cukup elegan di masanya.

IBM Simon hadir dengan ukuran besar dan berat, mirip batu bata. Tren berlanjut dengan munculnya perangkat PDA phone dan smartphone. PDA phone sepertinya kini telah punah ditelan zaman.

Mari kita melihat smartphone saat ini, iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3. Kedua smartphone adalah dua smartphone paling populer saat ini yang menggunakan prosesor multicore dan kamera dengan resolusi hingga 8 megapiksel. Tak hanya itu, kedua smartphone ini juga telah mengusung layar warna dengan resolusi tinggi.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (24/11/2012), pasar smartphone di masa mendatang diperkirakan akan terus membesar dan produk smartphone akan semakin canggih spesifikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda