Scroll to Top

Timnas Indonesia: Alasan Tim Pelatih Coret Arthur Irawan

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 24 Nov 2012

Arthur Irawan

Timnas Indonesia akhirnya resmi memiliki skuad inti yang terdiri 22 pemain dalam turnamen Piala AFF 2012. Sayangnya dari 22 nama pemain itu, nama Arthur Irawan harus digantikan Raphael Maitimo.

Ketika dimintai konfirmasinya, tim pelatih yang diwakili asisten Fabio Oliveira memberikan beberapa alasan berkaitan dengan dicoretnya pemain Espanyol B itu dari Timnas Indonesia

Menurut Fabio Oliveira, setidaknya ada tiga kriteria bagi tim pelatih untuk menentukan apakah Arthur dipertahankan atau digantikan oleh Raphael.

Ketiga kriteria itu yakni posisinya, kemampuan beradaptasi dengan taktik yang diracik dan teknik individu yang dimiliki.

“Pertama kita lihat posisinya. Kedua kemampuannya beradaptasi dengan taktik yang diracik pelatih dan yang ketiga adalah teknik individu yang dimiliki” ungkap Fabio Oliveira, Sabtu (24/11/12).

Dengan pertimbangan tiga kriteria itulah, akhirnya tim pelatih harus mengambil keputusan mengganti Arthur dengan Raphael Maitimo.

Memang jika dilihat secara objektif, Arthur Irawan masih mengalami kesulitan untuk bersaing di level Timnas Indonesia Senior.

Berbeda halnya jika Arthur berada di bawah Timnas Senior dan harus bersaing dengan pemain-pemain seusianya.

Misalnya saja di posisi bek sayap kanan, Arthur kalah bersaing dengan bek sayap Persiba Bantul, Nopendi.

Selain itu meski posisi aslinya gelandang dan sayap kanan, Raphael Maitimo yang baru mendapatkan paspornya beberapa jam lalu juga bisa diposisikan sebagai bek sayap kanan.

Dalam konfirmasinya, pelatih Nil Maizar juga mengaku sulit untuk membuat keputusan ini bagi tim pelatih.

Namun Nil menegaskan jika pencoretan itu dilakukan demi mengedepankan kondisi dan performa tim secara keseluruhan.

“Karena semua tim dalam skuad ini bagus dan siapa saja yang masuk dalam skuad adalah yang terbaik bagi tim” tambah Nil Maizar, Sabtu (24/11/12).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda