Scroll to Top

Audi Garap Hypercar Bermesin Diesel Hybrid

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 24 Nov 2012

audi-r8-v12-tdi-le-mans-1

Pabrikan mobil asal Jerman, Audi, berencana mengembangkan sebuah hypercar yang memakai mesin diesel. Hypercar diesel ini sedang dibuat versi konsepnya dan nantinya diberi nama R10. Ide ini tidak lepas dari keberhasilan Le Mans yang memenangkan R18 e-Tron Quattro. Sehingga, Audi rencana menggarapnya dengan konsep dua penggerak atau hybrid, diesel dan mesin listrik.

Audi memang kerap mengungkapkan keinginan berbagai model utuk mobil masa depan. Diharapkan konsep-konsep yang ada bisa diterapkan untuk generasi mobil selanjutnya. Beberapa konsep yang pernah mengemukan adalah city car mpg 282, TT super ringan, hingga membuat generasi lanjutan Q7 yang lebih ringan. Dan, setelah bertahun-tahun, semua ini sebatas wacana untuk bisa segera dijadikan andalan perusahaan.

Seperti dikutip Inautonews dari Autocar, keberadaan hypercar diesel R10 sudah cukup serius digarap. Sebagai bocoran, mobil konsep tersebut memiliki monoshock serat karbon dan mesin diesel yang tidak lebih besar dari V8. Namun, untuk meningkatkan tenaga, rencananya juga ditambah dengan motor listrik. Tenaga listrik ini muncul dari sistem “roda gila” yang memberikan daya pada motor listrik di kedua roda depan. Tenaga listrik akan muncul setelah mobil dikendarai di atas kecepatan 74 mil per jam.

Kabar yang beredar, keberadaan R10 jauh lebih unggul dari versi R8. Kemungkinan mobil ini bisa menjadi inspirasi pengemudi yang memiliki jiwa pembalap.  Spesifikasi lebih lengkap terkait R10 belum terlalu banyak terungkap ke publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda