Bersyukur Ternyata Bawa Manfaat Bagi Kesehatan

manfaat bersyukur

Bersyukur pada nikmat dan rejeki yang telah dianugrahkan oleh Allah pada kita, ternyata membawa banyak manfaat dan kebaikan. Hal ini diungkap oleh berbagai penelitian seperti yang dilakukan Giacomo Bono, PhD. Profesor bidang psikologi di California State University.

Berikut diantara manfaat bersyukur yang bisa Anda dapatkan seperti dikutip dari huffingtonpost:

  • 1. Kesehatan Mental.

Bersyukur ternyata dapat menjadikan kesehatan mental seorang remaja lebih baik. Ia akan menjadi lebih bahagia, serta bertingkah laku positif dan jauh dari tindakan merugikan seperti obat-obatan terlarang.

“Pandai bersyukur bisa jadi hal yang dibutuhkan oleh masyarakat kita untuk menumbuhkan generasi yang siap melakukan perbedaan positif bagi dunia,” tutur prof Giacomo Bono, PhD seperti dikutip dari huffingtonpost.

  • 2. Meningkatkan kesejahteraan

Pada Journal of Personality an Social Psychology , dikatakan bahwa bersyukur bisa mendorong seseorang untuk lebih sejahtera. Ini karena pandangan hidup orang yang bersyukur cenderung akan selalu positif dan ini akan memancing hal positif lainnya untuk datang.

  • 3. Tidur Lebih pulas.

Menuliskan hal baik yang didapat dalam sehari sebelum seseorang tidur, akan membuat kualitas tidurnya meningkat dan lebih pulas.

  • 4. Nilai akademis meningkat.

Pelajar yang tak sering mengeluh dengan keadaan keluarga atau lingkungan sosialnya, dan lebih bersyukur pada apapun yang ia miliki, cenderung punya nilai akademis yang lebih baik dibanding remaja yang kerap mengeluh.

Pada American Journal of Cardiology, dikatakan bahwa apresiasi atau penghargaan (Bersyukur) dan emosi positif terkait dengan perubahan variabilitas detak jantung. Juga mengurangi kemungkinan stroke atau kematian pada pasien jantung.

 

Komentar Anda

Leave A Response