Share

ikan batik

Indonesia merupakan negara yang patut dibanggakan kekayaan hayatinya. Sampai-sampai di negeri ini ditemukan ikan yang memiliki motif badan seperti lukisan batik. Kalau Anda penasaran, kunjungi saja perairan Ambon di Maluku. Di sana ada sebuah spesies ikan yang mendapat julukan sebagai Ikan Batik.

Penemuan spesies ini belum lama. Sebab, baru tahun 2008 lalu ditemukan oleh seorang operator wisata. Dia mendapati sebuah ikan bertubuh bulat, bermotif lurik batik, yang terdapat di perairan dangkal Pulau Ambon. Bentuknya seperti seekor kodok, wajahnya bulat, dan sepasang matanya ada di depan wajah. Jika diamati seksama, ikan ini seperti sedang tersenyum dengan mulutnya yan lebar.

Seperti dikutip Tourism News, bisa jadi Ikan Batik benar-benar spesies baru. Sebab, tubuh ikan memiliki struktur DNA yang lain dengan ikan-ikan lain. Pakar ikan dari Universitas Washington terjun untuk mengamati lebih jauh mengenai Ikan Batik.

Sementara itu, untuk memudahkan pengklasifikasiannya, Ikan Batik dimasukkan dalam genus Histiophryne.  Nama untuk spesiesnya adalah psychedelica. Sehingga, penyebutan ilmiah untuk ikan ini adalah Histiophryne psychedelica.

Ikan Batik masih memiliki beberapa keunikan lainnya. Kulit luarnya mampu menghadapi berbagai bentuk gesekan. Pasalnya, tekturnya keras dan berlipat. Memang secara fisik sepeti ikan kodok, bedanya dia punya karakter sifat yang tidak sama dengan kebiasaan dari tingkah laku ikan lain. Kadang dia pun berlaku seperti bola karet yang memantulkan diri dari satu tempat ke tempat lain.