Scroll to Top

Levante vs Barcelona 0-4: Lionel Messi Dua Gol

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 26 Nov 2012

Levante vs Barcelona

Lionel Messi mencetak 2 gol untuk membawa Barcelona unggul 11 angka dari Real Madrid. Bertanding di Ciutat de Valencia, pasukan Tito Vilanova melanjutkan catatan fantastis mereka di awal musim dengan menghajar tuan rumah lewat hasil pertandingan Levante vs Barcelona skor 0-4. Setelah sama kuat 0-0 di babak pertama, Barca tampil luar biasa pada paruh kedua. Selain Lionel Messi, acungan jempol layak diberikan kepada Andres Iniesta yang membantu terciptanya skor Barcelona vs Levante. Iniesta memang mencetak satu gol saja. Tapi ia juga menciptakan tiga assist, salah satunya untuk Cesc Fabregas. Di ujung pertandingan, Victor Valdes melakukan penyelamatan gemilang untuk memblok penalti Jose Barkero. Hasil Liga Spanyol ini semakin mengokohkan Barcelona di puncak klasemen La Liga.

Pertandingan Barcelona vs Levante adalah laga buruk bagi Dani Alves. Cuma 13 menit ia bertahan di lapangan. Masalah ototnya ‘kambuh’ dan saatnya Martin Montoya beraksi. Sejarah pun terlukis; 11 jebolan akademi La Masia bertarung bersama di lapangan.

Perjuangan Barca berlangsung seperti biasa, mengandalkan ball possessions dan umpan satu-dua untuk membongkar pertahanan Levante. Sementara tuan rumah, yang memang senantiasa mengandalkan pertahanan kuat untuk melakukan serangan balik cepat, kembali berbuat hal serupa di kandang sendiri. 0-0 adalah hasil yang didapatkan dalam 45 menit pertama, sebelum penghancuran di paruh berikutnya.

Babak kedua dimulai dengan sengatan berbeda. Andres Iniesta dan Lionel Messi adalah kuncinya. Kurang dari dua menit setelah kembali dari turun minum, memanfaatkan umpan Don Andres, King Leo menchip bola untuk melewatkannya di atas kepala Gustavo Munua. Semakin dekat dengan rekor Gerd Muller dan ini bukan gol terakhirnya di laga ini.

Barca yang sempat dites dengan tembakan Juanlu, melenggang selang lima menit pasca gol Messi. Pergerakan Andres Iniesta menusuk sisi kanan kotak penalti Levante, berakhir dengan umpannya kepada Si Nomor 10 yang melanjutkan penaklukan Liga Spanyol musim ini. 19 gol hanya dalam 13 pertandingan adalah sebuah kisah fiksi oleh penyerang top dunia mana pun, kecuali Lionel Messi.

Pendarahan Levante berlanjut. Andres Iniesta membuktikan kualitasnya sebagai Pemain Terbaik Eropa tahun ini. Setelah satu gol dikemas pada menit 57, ia menyodorkan assist ketiga dalam laga ini dalam skema cantik gol Cesc Fabregas di menit 63. Levante benar-benar dikerjai oleh sang jenius.

Menit 87, sebenarnya Levante berpeluang memperkecil keadaan ketika mendapatkan penalti. Namun, kali ini Victor Valdes ikut dalam pesta Barcelona. Ia tidak hanya menepis tembakan Jose Barkero. Tetapi juga upaya Angel dari jarak dekat menyambut bola muntah tersebut.

Skor akhir 0-4 untuk kemenangan Barcelona. Jarak 11 angka tercipta dari Real Madrid. Satu yang perlu dicatat bagi Tito Vilanova, andaipun persaingan dengan Real Madrid seakan sudah tiada, sejatinya Barca masih memiliki rival Atletico Madrid yang cuma terpaut tiga angka.

Levante (4-2-3-1):1-G. Munúa, 22-C. Lell, 4-David Navarro, 18-Ballesteros, 12-Juanfran; 23-P. Diop, 10-Iborra; 20-Juanlu (21-Míchel 75′), 8-N. El Zhar (16-Pedro Ríos 61′), 7-Barkero; 24-O. Martins (9-Ángel 68′)

Pelatih: Juan Ignacio Martinez

Barcelona (4-3-3):1-Valdés; 2-Dani Alves (19-Martín Montoya 14′), 5-Puyol, 3-Piqué, 18-Jordi Alba (21-Adriano Correia 75′); 4-Fàbregas, 6-Xavi (11Thiago Alcântara 78′, 16-Busquets; 8-Iniesta, 10-L. Messi, 17-Pedro

Pelatih: Tito Vilanova

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda