Scroll to Top

5 Objek Syuting Film Laskar Pelangi yang Layak Dikunjungi

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Nov 2012

pantai tanjung tinggi

Kehadiran film Laskar Pelangi yang tayang di bioskop beberapa waktu lalu menjadi berkah bagi masyarakat Belitung. Selain daerah ini makin dikenal, lokasi syutingnya pun sekarang menjadi tujuan wisata andalan dari pemerintah daerah setempat. Film Laskar Pelangi memang sempat mengambil adegan di beberapa pantai dan pulau kecil di sana. Dan, pantai-pantai di Belitung itu akhirnya banyak mendapat kunjungan.

Dikutip dari Tourism News, berikut ini pantai-pantai yang menjadi tempat pengambilan gambar film Laskar Pelangi:

  1. Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini memiliki sebuah gerbang batu yang mengubungkan ke bibir pantai. Banyak pula batu granit besar di sana, Meskipun belum terlalu ramai, namun kawasan ini mulai digarap potensi wisatanya. Sudah ada beberapa pihak yang mendirikan rumah makan dengan menu khas Belitung di sana. Juga, terdapat pula prasasti untuk mengenang pembuatan film Laskar Pelangi di sini.
  2. Pantai Tanjung Kelayang. Sejauh mata memandang, pantai ini dipenuhi oleh pasir putih nan cantik dan air laut yang terbilang jernih. Pantai Tanjung Kelayang menjadi tempat bersauh dan berlabuh kapal yang pergi-pulang ke beberapa pantai di barat laut Kota Tanjung Pandan. Lokasi ini cocok untuk melihat matahari terbenam.
  3. Pulau Tukong. Di pulau kecil ini akan didapati sebuah pantai pasir putih dengan air yang sangat bening. Gugusan flora laut membuat warna dasarnya seakan menghijau. Ketinggian air cukup dangkal, karena hanya sebatas dengkul orang dewasa.
  4. Pulau Lengkuas. Pulau ini berada 30 menit dari Pantai Tanjung Kelayang. Banyak wisatawan yang singgah di pulau tersebut. Keunikannya adalah mempunyai sebuah bangunan mercusuar warisan penjajah Belanda. Di sana juga ada tempat konservasi penyu dan biasa dipakai untuk outbond.
  5. Pulau Burung. Penamaan pulau ini mungkin ditetapkan dengan ditemukannya batu granit yang menyerupai kepala burung. Batu tersebut ditempatkan di depan pulau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda