Scroll to Top

Peugeot Garap Seri 108 Bersama Toyota

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Nov 2012

peugeot-108-future-2012

Peugeot cukup aktif melakukan kerjasama produksi mobil baru dengan produsen mobil lain. Baru-baru ini, Peugeot mengumumkan akan kembali membuat mobil dengan Toyota dengan label Peugeot 108. Mobil ini berjenis city car dan dibuat untuk menyaingi keberadaan VW Up! yang  menjadi pesaing utama Peugeot 107 yang sudah rilis sebelumnya.

Kerja sama Peugeot dengan Toyota terbilang mulus. Selama kerja sama berlangsung, ada tiga tipe mobil yang sudah tergarap. Yaitu Peugeot 107, Toyota Aygo, dan Citroen C1. Peugeot 108 akan menambah daftar panjang harmonisasi Peugeot – Toyota.

Namun, Peugeot 108 tidak akan dirilis dalam waktu dekat. Mobil ini masih memerlukan waktu dua tahun untuk bisa dirilis utuh pada tahun 2014. Sementara itu, untuk produksinya direncanakan mengambil tempat di pabrik yang ada di Republik Ceko. Panjangnya waktu untuk produksi ini, bisa jadi juga akan dirancang kerja sama pembuatan mobil berbasis van.

“Perusahaan tidak mencari kemitraan apapun lainnya. Di luar itu, baru terbentuk aliansi dengan GM (General Motors)  dan hubungan dengan BMW,” ungkap Maxime Picat, bos di Peugeot, seperti dikutip Auto Express.  “Kami memiliki kemitraan yang cukup sekarang, kita hanya perlu memastikan mereka semua bekerja dengan baik,” tambahnya.

Selain dengan Toyota, Peugeot dan Citroen juga bekerja sama dengan GM untuk menggarap mobil di segmen B. Model yang diharapkan adalah sebuah SUV yang berukuran kecil. Sementara itu, untuk segmen C, kerjasama difokuskan pada mobil keluarga berukuran kecil. Dan, pangsa di segmen D seperti ukuran model 508/Insignia.

Pada kerjasama Peugeot dengan BMW, akan dikembangkan mesin bensin berukuran kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda