Scroll to Top

Adobe Muse, Pembuat Situs Baru Dari Adobe

By Ivan Azzam / Published on Monday, 15 Aug 2011

Adobe Systems semakin serius dalam mendalami bidang web design dan mempermudah bagi mereka yang tidak mau belajar pemrograman dari dasar.

Maka dari itu, Adobe meluncurkan aplikasi bernama Muse. Dibangun dari platform Adobe AIR, Muse membuat pengguna bisa membuat dan mempublikasikan situs buatan mereka. Adobe menjanjikan akan memudahkan proses bagi designer yang sebelumnya harus menyerahkan rancangan mock-up miliknya pada coder untuk menjadi web sungguhan.

Adobe mengatakan bahwa alasan membuat aplikasi semacam ini adalah karena beberapa hasil web design memerlukan pengguna sedikit untuk belajar coding.

Manajer senior pemasaran produk Adobe, Jane Brady mengatakan, aplikasi semacam ini tersedia bagi para desainer agar bisa membuat situs atau konten digital apapun dengan mudah, sama mudahnya dengan memakai produk Adobe lainnya seperti InDesign, Illustrator, atau Photoshop.

Maka dari itu, Adobe menarik mantan pengembang InDesign dan mengerjakan Muse.

Aplikasi Muse ini (yang nantinya akan mendapat nama baru setelah keluar dari status beta) membuat pengguna bisa mendesain suatu situs dengan fitur-fitur mumpuni dan what you see is what you get (WYSIWYG). Bisa juga dikombinasikan dengan produk Adobe lain yaitu Photoshop, dan hebatnya, pengguna juga bisa melihat hasilnya nanti melalui browser yang dimiliki.

Muse sendiri ditawarkan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri, dan tidak berinteraksi dengan produk sejenis dari Adobe yaitu Dreamweaver, maka dari itu Muse tidak akan bisa membuka file Dreamweaver ataupun mengedit kode Muse dari Dreamweaver.

Muse juga diatur agar bisa mengerti kumpulan kode-kode semacam HTML, atau menggunakan widget yang bisa di-embed ke halaman situs.

Tertarik menggunakannya sebagai alternatif Dreamweaver? Tunggu saja saat sudah mencapai final. (via Cnet News)

One thought on “Adobe Muse, Pembuat Situs Baru Dari Adobe”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda