Scroll to Top

Berbagai Alasan Seseorang Merasa Menyesal

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Nov 2012

menyesal

Setiap orang pasti memiliki penyesalan terhadap suatu hal dalam hidupnya. Sebuah studi yang dilakukan Britsh Heart Foundation mencoba meneliti berbagai penyesalan ini, untuk mengetahui jenis penyesalan yang rata-rata dirasakan responden. Studi dilakukan di Inggris dengan melibatkan 2.000 responden.

Hasilnya cukup menarik. Lebih dari separuh responden mengaku menyesal telah membuat pilihan yang salah dalam beberapa titik dalam kehidupan. Misalnya memiliki karir yang tidak dikehendaki, tinggal di tempat yang tidak menyenangkan, atau menyesal telah menikahi pasangan yang salah. Sementara itu, seperlima wanita mengatakan menyesal telah banyak membuang waktu bersama pasangannya. Kebalikannya, ada 10 persen pria yang merasa menyesal waktunya tidak dipakai untuk kegiatan lain dan mesti menemani kekasih wanitanya.

Namun, ada pula responden yang memandang hidup dengan penuh optimis. Ditemukan seperempat dari responden yang tidak menyesali apa pun yang telah terjadi pada dirinya. Mereka berpikir terbalik dari orang yang mudah menyesali kehidupan. Sekitar 19 menit per hari atau dua jam seminggu bisa dihabiskan orang-orang ini untuk memaknai hidup dengan cara berbeda dan lebih berpandangan positif.

Terkait soal keuangan, sepertiga responden menyesal tidak memiliki uang tunai yang cukup. Hal ini membuat mereka tidak mampu memenuhi impian yang telah dicita-citakan. Ada pula 25 persen responden yang menyesal kehilangan orang yang dicintai dan berharap mereka dapat reinkarnasi atau hidup kembali. Dan, 32 persen dari berbagai penyeselan terjadi akibat kekurangan yang dimiliki masing-masing responden karena kurang berani dalam bertindak.

Inilah 10 jenis penyesalan yang ditemukan pada studi ini:

  1. Tidak banyak bepergian (travelling)
  2. Kehilangan kontak dengan teman-teman
  3. Tidak cukup berolahraga
  4. Tidak menyimpan lebih banyak uang
  5. Memutuskan merokok
  6. Menjadi malas di sekolah
  7. Salah memilih karir
  8. Menghabiskan waktu dengan pasangan yang salah
  9. Makan tidak sehat
  10. Tidak bertanya tentang kehidupan kakek-nenek  sebelum mereka meninggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda