Scroll to Top

Apple Tak Lagi Gunakan Baterai Produksi Samsung Untuk iPad dan MacBook

By Ditya / Published on Monday, 26 Nov 2012

Apple vs Samsung

Apple dikabarkan tak lagi menggunakan baterai produksi Samsung untuk jajaran produk iPad dan MacBook. Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini kini beralih menggunakan baterai produksi vendor China, yakni Amperex Technology Limited dan Tianjin Lishen Battery.

Kabarnya, keputusan ini diambil Apple karena Samsung SDI (anak perusahaan Samsung yeng memproduksi baterai) menghentikan pasokan baterai ke Apple. Kabar ini bersumber dari China Bussines News. Jika hal ini benar, maka ini merupakan buntut dari sengketa paten yang terjadi antara Apple dan Samsung.

Sebelumnya, Apple pernah mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengurangi ketergantungan pasokan komponen dari Samsung. Seperti yang kita ketahui, Samsung adalah pemasok komponen Apple yang sangat penting dan krusial.

Produk terbaru seperti iPad Mini dan iPhone 5 kini tak lagi menggunakan chip memori dari Samsung dan beralih menggunakan chip memori dari Hynix atau Elpida. Layar pada iPad Mini juga sebagian besar bukan produksi Samsung, melainkan LG.

Tak hanya itu, Apple juga dikabarkan akan menggandeng TSMC untuk memproduksi prosesor Apple seri A yang digunakan oleh produk iPhone, iPad, dan iPod Touch. Selama ini, prosesor Apple seri A ini diproduksi oleh Samsung.

Apple memang berencana akan mengurangai ketergantungan pasokan komponen deari Samsung secara bertahap. Hal ini merupakan buntut dari perang paten yang terjadi antara Samsung dan Apple yang kini kian meluas ke jajaran produk baru serta semakin barlarut-larut.

Seperti yang dilansir dari TechCrunch (23/11/2012), Samsung memang memiliki kapasitas sebagai pemasok Apple yang tiada duanya dimana Apple akan sulit menemukan penggantinya jika Samsung menghentikan seluruh pasokan komponen.

Sementara itu disisi lain, Apple dan Samsung terlibat perang paten yang sengit dan kini mulai melibatkan jajaran produk terbaru dari Apple maupun Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda