Scroll to Top

7 Penyebab Berubahnya Postur Tubuh dari Bentuk Ideal

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Nov 2012

postur tubuh

Jangan remehkan persoalan postur tubuh. Sebab, apa yang Anda lakukan sekarang terkait postur tubuh akan dibawa sampai tua. Tubuh membungkuk atau tulang punggung membengkok adalah beberapa kesalahan postur tubuh yang tidak mampu tegak kembali.

Penyebab dari penyimpangan postur tubuh ternyata cukup banyak. Pahami penyebabnya berikut ini sebagai antisipasi untuk kebaikan tulang punggung Anda:

  1. Nyeri atau luka di masa lalu. Kadang seseorang memilih menahan tubuh dalam posisi berbeda kala mengalami nyeri pada punggung yang sifatnya sering. Kalau posisi tersebut dibiasakan dalam waktu lama, akhirnya menjadi postur tubuh yang menetap.
  2. Mengalami kekurangan gizi. Semua tulang, termasuk tulang belakang, perlu asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan lurus. Kekurangan vitamin dan kalsium bisa mengurangi kekuatan dan fleksibilitas tulang yang berakibat pada penyimpangan postur tubuh.
  3. Faktor  keturunan. Kalau penyebabnya adalah genetik, maka mungkin Anda harus menerima kenyataan memiliki postur tubuh yang tidak lurus. Jika orang tua atau kakek Anda ada yang bungkuk, bisa jadi ada gen yang sama turun ke tubuh Anda. Tapi, pembungkukan ada yang masih bisa diperbaiki secara medis.
  4. Bertambahnya berat badan. Tubuh gemuk kurang baik bagi tulang belakang, terutama bagi wanita. Wanita gemuk biasanya punya payudara besar yang membuat tulang belakang di sekitar dada tertarik ke depan. Begitu pula dengan perut gemuk membuat tulang belakang bagian bawah ikut tertarik ke depan.
  5. Kebiasaan yang salah. Inilah alasan yang paling sering mengemuka sebagai akibat dari membengkoknya tulang. Kebiasaan selalu menundukkan kepala ke bawah atau merosotkan bahu bisa menjadi alasan pergeseran postur tubuh dalam jangka panjang.Termasuk pula, membawa beban hanya di satu sisi pundak juga suatu kesalahan.
  6. Efek dari pekerjaan. Rata-rata pekerjaan kantoran lebih banyak menuntut orang untuk duduk lama dan membungkuk. Ini memicu tubuh menjadi bungkuk dalam jangka panjang.
  7. Pakaian yang terlalu ketat. Pakaian ketat seperti celana model pensil, sepatu high heels, jeans ketat, ba ketat, dan sebagainya dapat mengakibatkan perbedaan postur tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda