Scroll to Top

Google Berencana Mengakuisisi Motorola Mobility

By Ivan Azzam / Published on Monday, 15 Aug 2011

Google mengumumkan ketertarikannya untuk mengakuisisi Motorola Mobility senilai 12,5 milyar dolar tunai. Salah satu motivasi terbesarnya adalah menunjang profil paten miliknya, yang juga diincar Microsoft dan Apple. Dengan pembelian ini, Google memiliki kendali atas 17.000 paten yang berkaitan dengan mobile di seluruh dunia.

Google mengumumkan akuisisinya dari blognya. Dikutip dari Ars Technica, Larry Page, CEO Google menyatakan bahwa Motorola memiliki portofolio paten yang baik, dan bisa melindungi Android. Awal bulan ini, Google menuduh Apple, Microsoft, dan Oracle melecehkan Google di beberapa paten.

Wakil Direktur Senior Google, David Drummond mengatakan Google memang berniat meningkatkan portofolio paten miliknya sebagai strategi bertahan.

Google mengatakan bahwa pembelian ini tentu akan memicu inovasi terhadap platform Android. Tapi juga dari pembelian ini Google akan berhadapan langsung dengan produsen Android lainnya, sebut saja HTC, Samsung, dan LG. Namun Larry Page mengatakan bahwa akan menjalankan usaha Motorola ini sebagai usaha terpisah dan rencananya, Motorola akan menjadi lisensi dari Android.

Selain itu, Larry mengatakan bahwa rekan Google juga senang dengan akuisisi ini, dan menyatakan bahwa tak ada perubahan bagaimana Google menjalankan Androidnya.

Andy Rubin, Wakil Direktur Senior Google di Android mengatakan, pembelian ini masih menunggu persetujuan, dan tentunya transaksi ini agar selesai secepatnya. Jika sudah, pemegang saham Motorola akan menerima $40 per saham. (via Ars Technica dan Endgadget)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda