Scroll to Top

Sakit Jantung Menyebabkan Wajah Terlihat Tua?

By C Novita / Published on Tuesday, 27 Nov 2012

sakit jantung

Beberapa orang yang pakar dibidangnya mengatakan bahwa dari wajah seseorang, kita bisa mengetahui berbagai hal termasuk juga kesehatannya. Sebuah penelitian bahkan mengungkap kemungkinan seseorang mengidap penyakit jantung beberapa tahun ke depan dari beberapa tanda penuaan yang nampak di wajahnya.

Ini adalah hasil study dari ilmuwan Denmark yang melibatkan 11.000 orang. Di kutip oleh Vemale dari Newsmaxhealth, cara penelitian tersebut adalah para relawan dipetakan penampilan wajahnya.

Dari pemetaan tersebut nampak beberapa tanda penuaan yang tak lazim dan tak sesuai usia seperti garis rambut yang tinggi, kepala botak, juga ada keriput di sekitar daerah lobus telinga. Kemudian nampak pada beberapa orang kelopak mata bergelombang, yang tak seperti normalnya.

30 tahun kemudian, dari hasil pemetaan wajah yang dilakukan sebelumnya tampak bahwa mereka dengan penuaan wajah tersebut mengalami serangan jantung atau kelainan jantung seperti penyumbatan pembuluh darah.

American Heart Association di Los Angeles sempat membahas indikasi ketuaan yang berkorelasi dengan adanya kelainan jantung di masa depan. Dikatakan bahwa bisa jadi sinyal ketuaan yang tak lazim ini, menjadi gejala adanya masalah pada jantung orang tersebut di masa depan.

Walau tak ada kepastian yang menunjukkan hal tersebut bersifat mutlak, namun tak ada salahnya untuk waspada. Orang-orang dengan gejala penuaan yang seperti di atas dapat mulai merubah pola makan dan pola hidup lebih sehat.

Untuk diperhatikan, bahwa tanda penuaan seperti keriput di dahi, garis senyum, atau uban tidak termasuk pada tanda penuaan yang harus diwaspadai sebab itu normal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda