Scroll to Top

Barcelona: La Masia XI Mengguncang Dunia

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 27 Nov 2012

Barcelona

Barcelona memainkan 11 jebolan akademi La Masia (atau disebut La Masia XI) sekaligus dalam pertandingan melawan Levante. Dengan 11 pemain binaan sendiri di lapangan, jarak 11 angka dari sang rival Real Madrid pun tercipta. Seluruh dunia memuji prestasi Barca ini. Sebuah kebanggaan terbesar dalam lebih dari 100 tahun sejarah Barcelona.

61 menit di Ciutat de Valencia adalah sejarah. Terhitung sejak Martin Montoya masuk menggantikan Dani Alves hingga Adriano menempati posisi Jordi Alba, Barcelona memainkan 11 jebolan akademi La Masia sekaligus dalam pertandingan melawan Levante. Tidak ada yang lebih mengagumkan daripada hal ini. Semua media di dunia terpesona dan memuji penampilan Barca yang malam itu melumat tuan rumah 0-4.

Sebagai contoh, L’Equipe, harian Prancis. Mereka menampilkan berita, “Levante mendapatkan pelajaran sepakbola dari La Masia”. Andres Iniesta yang mencetak 1 gol dan tiga assist menjadi bahasan utama.

Harian pendukung Barcelona, El Mundo Deportivo, menyebutkan, “Tidak setiap hari Real Madrid tertinggal 11 angka dari Barcelona di Liga Spanyol”. Juga mencantumkan sebuah kebetulan unik, “Barca unggul 11 angka dengan memakai 11 pemain akademi di lapangan”.

Marca, harian kota Madrid, tak sungkan mencantumkan judul “Unggul 11 Angka dengan 11 Canteranos (Pemain Akademi)”. Lalu mengulas, ‘Barcelona yang (11 pemain di lapangan) sepenuhnya diisi oleh jebolan La Masia, melintas Ciutat de Valencia bagaikan badai; meninggalkan Madrid dengan perbedaan 11 angka.”

AS, harian yang berasal dari kota yang sama, juga mencantumkan judul serupa, 11 Pemain Akademi, 11 Angka”. Mereka juga mencantumkan kalimat “Teriakan ‘Campeon, campeon’ (Juara, juara!) berdengung di Ciutat de Valencia. Banyak pendukung Barca yang merasa bahwa gelar juara sudah ada di tangan ketika Liga Spanyol baru memasuki sepertiga perjalanan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda