Scroll to Top

Jakob Nielsen, Pakar Antarmuka: Tampilan Windows 8 Mengerikan

By Ditya / Published on Tuesday, 27 Nov 2012

Windows 8

Jakob Nielson, seorang pakar User Interface (UI) atau antarmuka meluncurkan kritik terkait desain tampilan antarmuka sistem operasi Windows 8. Jakon Nielson mengatakan bahwa antarmuka Windows 8 ini payah digunakan di tablet dan mengerikan untuk digunakan di PC (Personal Computer).

Menurut pakar antarmuka ini, Windows 8 ini dianalogikan sebagai seorang teroris yang meneror kantor kecil dan mencekik produktivitas mereka. Jakob Nielsen mengatakan bahwa tampilan antarmuka Windows 8 perlu sedikit sentuhan desain ulang sederhana untuk memperbaikinya.

Analisa dang pernyataan Jakob Nielson mengenai tampilan antarmuka Windows 8 ini tidak asal-asalan. Pakar user interface ini menggunakan dasar laporan usability dari pengguna yang berpengalaman dan pengguna yang kurang berpengalaman yang dihadapkan pada Windows 8 untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Hal yang paling dikritik oleh pakar antarmuka ini adalah pendekatan yang dilakukan Microsoft dengan memperkenalkan perubahan antarmuka yang ekstrim dengan mengkombinasikan antarmuka dari smartphone dan tablet ke desktop Windows. Nielson juga menambahkan bahwa tampilan baru Windows 8 ini mengorbankan sis usability dari sistem operasi teranyar Microsoft.

Microsoft Windows 8, bila pengguna tidak dapat melihat beberapa jendela secara bersamaan, mereka harus menjaga informasi dari satu jendela di memori jangka pendek sementara mereka mengaktifkan jendela lain.”

“Ini bermasalah karena dua alasan. Pertama, manusia memiliki memori jangka pendek yang sangat lemah, dan kedua, kebanyakan tugas menggunakan manipulasi window. Hal ini sedikit mengurangi sumber daya kognitif pengguna,” tulis Jakob Nielson di sebuah posting.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (25/11/2012), Jakob Nielson menyarankan untuk merevisi tampilan antarmuka dan membuat tampilan Live Tiles menjadi lebih sarat informasi dan visibilitas yang lebih baik.

Bagaimana tampilan antarmuka Windows 8 menurut Anda? Silahkan berkomentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda