Scroll to Top

Makin Banyak Teman FB, Makin Banyak Masalah

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 27 Nov 2012

Facebook

Semakin banyak teman di FB, maka semakin tinggi pula resiko pengguna terjungkal masalah. Laman CNET News menulis, makin banyak teman di Facebook bisa menambah resiko stres pengguna.

Tujuan Facebook menurut Mark Zuckerberg adalah membuat dunia makin terbuka dan terhubung. Bilamana tujuan itu diselewengkan untuk ajang persaingan teman?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Edinburgh Business School menemukan fakta jika teman Facebook meningkat maka potensi stres akan meningkat pula. Pengguna FB bakal dirudung banyak masalah.

“Stre muncul ketika pengguna menyajikan versi dirinya sendiri yang tak bisa diterima oleh beberapa teman mereka di Facebook,” tulis rilis universitas tersebut.

Universitas Edinburgh Business School mensurvei 300 orang yang sebagian besar mahasiswa berusia 21 tahun. Dari responden tersebut diketahui jika mereka rata-rata memiliki 7 ‘lingkaran sosial’ yang berbeda.

“Lingkaran sosial ini seperti teman yang dikenal offline, keluarga, saudara, temannya teman, rekan kerja, dan lainnya,” ungkap salah satu peneliti Universitas Edinburgh Business School.

Temuan lain dari studi ini adalah pengguna Facebook tak sedikit yang berteman dengan mantan kekasih, mantan pasangan, atau bahkan mantan istri/suami. Ini juga memicu konflik.

Sepertiga dari responden mengatur privasi listing agar postingan yang mereka terbitkan terbatas hanya bagi lingkaran sosial yang dipilih.

“Facebook penuh dengan ranjau darat sosial yang potensial. Ayah, ibu, bos Anda, berada di sana,” ujar Ben Marder dari Universitas Edinburgh Business School.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda