Scroll to Top

10 Langkah Mudah Lindungi Privasi Online di Internet

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 27 Nov 2012

Lindungi Privasi OnlinePrivasi online di internet penting untuk dijaga. Selain melindungi data diri Anda, dengan pengaturan privasi yang aman, aktivitas apapun di internet juga akan berlangsung nyaman. Dan berikut 10 langkah mudah melindungi privasi online di internet.

1. Tambahkan password di perangkat

Apapun perangkat yang digunakan, alangkah baiknya menambahkan kata sandi atau mengunci perangkat untuk meningkatkan keamanan. Misalkan di ponsel yang dimiliki, tablet, atau komputer.

Jika seandainya saja tablet Anda terjatuh di jalan atau tertinggal di lokasi yang tak diketahui, dengan dibekali kata sandi yang terproteksi, tablet tersebut tak bisa dibuka oleh pengguna selain Anda.

2. Manfaatkan tool Google Alert

Pernah mendengar fitur Google Alert? Sebuah tool ‘pengingat’ bilamana topik baru tertentu hadir di internet sesuai dengan konten yang ingin di-alert-kan.

Google Alert bisa dimanfaatkan guna mengetahui apakah ada konten di internet yang menyangkut data diri Anda. Tinggal masukkan kata kunci yang diinginkan dengan data diri Anda. Misalkan saja nama.

3. Keluar setelah selesai

Sangat disarakan untul selalu log out di semua sesi akun internet jika telah selesai menggunakan. Meski menggunakan komputer pribadi, ini merupakan langkah pengamanan yang efektif untuk mencegah kebocoran akun.

4. Jangan asal kasih data diri

Jika ada yang meminta data diri Anda, misalkan saja email, alamat, atau nomor telepon, jangan asal memberinya. Misalkan saja ada yang menjanjikan promo diskon online dengan meminta data diri yang ada. Jangan asal memberikan data diri tersebut.

5. Enskripsi komputer

Dengan mengensripsi PC maka keamanan komputer akan dilipatgandakan. Di Mac, tinggal masuk ke Security and Privacy kemudian ke FileVault dan pilih Turn on FileVault. Untuk PC (Windows) membutuhkan Bitlocker.

6. Aktifkan authentication 2 langkah Gmail

Dengan dua langkah ganda, maka akan sangat sulit bagi orang tak bertanggug jawab berusaha membobol akun Gmail Anda. setidaknya mereka harus melewati dua langkah verifikasi.

7. Bayar tunai

Bayarlah dengan uang tunai untuk produk atau layanan jasa yang tidak memiliki harga mahal. Langkah ini untuk meminimalisir pelacakan kartu kredit yang Anda gunakan untuk membayar.

8. Ganti privasi ke hanya teman

Langkah ini sjatinya mutlak dilakukan bagi facebooker. Sangat disarankan untuk men-setting ke hanya teman atau friends only di profil serta postingan yang dibagikan.

9. Hapus riwayat peramban dan cookie secara berkala

Langkah ini dilakukan agar jejak yang tersisa tatkala Anda beraktivitas di internet tidak bisa ditelusuri oleh pengguna lain. Patut diingat, jangan merasa yakin jika meski menggunakan komputer pribadi bakal aman.

Justru sugesti aman tersebut berbahaya. Jika komputer pribadi tersebut dipegang oleh pengguna lain, bisa saja data bocor, jejak Anda terekam, dan lainnya. Maka hapus secara berkala.

10. Sembunyikan IP

Menyembunyikan IP bisa saja dilakukan untuk mengaburkan jejak lokasi online Anda. Gunakan tool gratis di internet. Misalkan saja HideMyAss.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda