Scroll to Top

Sony Kini Produsen Smartphone Ketiga Terbesar, Kalahkan RIM

By Ditya / Published on Tuesday, 27 Nov 2012

Sony Xperia

Menurut lembaga riset pasar IDC, Sony kini menjadi produsen smartphone terbesar ketiga menggantikan Resarch In Motion (RIM) serta berada di bawah Samsung dan Apple di pasar smartphone. Sony memang berkomitmen untuk berkonsentrasi di pasar smartphone dan berhasil mengalahkan RIM, Nokia, dan HTC.

IDC mengatakan bahwa perusahaan ponsel asal Jepang ini kini menduduki posisi produsen smartphone ketiga terbesar setelah mengalahkan RIM dan berada di bawah Samsung dan Apple. Sementara itu, RIM, Nokia, dan HTC dikabarkan mengalami penurunan yang cukup signifikan di pasar smartphone.

RIM, produsen pembesut BlackBerry asal Kanada ini telah kalah bersaing dan mengharapkan BlackBerry 10 mengubah nasibnya di tahun 2013 mendatang. Nokia, mantan jawara ponsel asal Finlandia ini harus rela terdepak dari 5 besar produsem smartphone di dunia akibat penjualan Lumia yang kurang memuaskan.

Sedangkan Sony sendiri sebenarnya mengalami penurunan pangsa pasar smartphone. Sony menguasai 5 persen pasar pada 2011 dan menurun menjadi 4,8 persen pada tahun 2012. Namun, penurunan yang dialami RIM, Nokia, dan HTC jauh lebih signifikan dibanding Sony.

Nokia mengalami penurunan pangsa pasar smartphone yang cukup tajam, yakni dari 13,6 persen pada tahun 2011 menjadi hanya 3,4 persen di tahun 2012. HTC mengalami penurunan dari 10,3 persen di tahun 2011 menjadi hanya 4,3 persen di tahun 2012. Sedangkan RIM mengalami penurunan dari 9,6 persen pada tahun 2011 menjadi hanya 4,2 persen di tahun 2012.

Samsung yang kini menjadi jawara ponsel ini juga mendominasi pasar smartphone. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini tercatat mengalami pertumbuhan pasar yang signifikan dari 22,7 persen pada tahun 2011 menjadi 31,3 persen di tahun 2012.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (26/11/2012), Sony terlihat lebih agresif di pasar smartphone kelas atas. Hal ini terlihat dari peluncuran Sony Xperia T, TL dan Xperia V yang akan disusul oleh smartphone misterius Sony Odin dan Yuga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda