Suporter Indonesia

Hasil pertandingan AFF 2012 antara Indonesia Vs Singapura (Rabu 28/11/2012), berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia. Sempat bermain imbang di babak pertama, Indonesia berhasil unggul 1 gol lewat Andik Vermansyah.

Timnas Indonesia mengawali laga kali ini tanpa Handi Ramdan dan Tonnie Cusell, yang sempat menjadi skuad inti di 3 pertandingan terakhir Indonesia.

Ketika babak pertama mulai dibunyikan, kedua tim sama-sama bermain dengan tempo tinggi.

Sayangnya M Rahmat dan Irfan Bachdim yang kini diduetkan di lini depan, terlihat kesulitan untuk menembus pertahanan Singapura.

Sementara itu Singapura beberapa kali bisa memegang bola di dalam kotak penalti, dan melepaskan tembakan ke arah gawang.

Indonesia sempat mendapatkan peluang emas pertama, melalui Okto Maniani di sisi kanan. Sayang bola peluang itu tidak mampu membuat Indonesia unggul atas Singapura.

Vendri Mofu juga sempat membuat lini pertahanan Singapura tertekan. Sayang penjaga gawang Mahbud masih beraksi sigap menghalau sepakan Vendry.

Singapura juga memiliki beberapa peluang untuk membobol gawang Indnesia. Berawal dari set piece, pemain Singapura berhasil melepaskan tembakan keras ke pertahanan Indonesia. Beruntung kiper Wahyu Tri masih sigap mementahkan peluang tersebut.

Di menit ke 42, Indonesia sempat mendapatkan peluang melalui Novan Setya. Sayang tendangan kerasnya berhasil ditepis kiper Singapura yang memang bermain apik sore hari ini.

Hingga 45 menit dan tambahan waktu berakhir, skor 0-0 tetap bertahan menutup laga diparuh pertama.

Di babak kedua, Indonesia memasukan Andik Vermansyah dan Bambang Pamungkas. Masuknya kedua pemain itu, ternyata cukup memberikan dampak positif bagi Indonesia.

Terutama pergerakan Andik yang mampu beberapa kali, mengancam lini pertahanan Singapura.

Puncaknya ketika pergerakan Andik di sektor kiri pertahan Singapura, yang harus berbuah kartu merah bagi pemain Singapura.

Keunggulan 1 pemain, ternyata tidak lantas membuat Indonesia bisa menguasai permainan.

Singapura sempat membuat lini pertahanan Indonesia terkejut, setelah salah satu tandukan pemainnya membentur mistar gawang.

Keberuntungan Indonesia akhirnya datang melalui kaki Andik Vermansyah, ketika pertandingan berada di ujung waktu normal.

Berawal dari pergerakan Andik, pemain belakang Singapura harus menjatuhkan pemain Persebaya itu dan berbuah tendangan bebas.

Andik yang mengambil sendiri tendangan bebas itu, langsung menempatkan bola ke sudut pojok kiri gawang yang tak sanggup dibendung kiper Singapura.

Skor 1-0 pun bertahan hingga peluit babak kedua dibunyikan wasit. Dengan hasil ini, Indonesia memperoleh poin total 4 dari hasil 1 kali imbang dan 1 kali menang.

Tidak hanya itu, Indonesia berhasil membalikan semua prediksi sebagian pihak yang beranggapan bahwa Singapura akan memenangkan pertandingan kali ini.