Scroll to Top

Barcelona vs Alaves 3-1: Hasil Copa del Rey

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 29 Nov 2012

Barcelona vs Alaves 3-1

Tanpa Lionel Messi, Barcelona tetap mampu menyapu Deportivo Alaves dalam lanjutan leg kedua babak 32 besar Copa del Rey 2012. Meskipun sempat tertinggal 0-1, anak asuh Tito Vilanova bangkit dan menciptakan hasil pertandingan Barcelona vs Alaves 3-1. Adriano menjadi pemecah kebuntuan di menit 35. Sementara David Villa turut menjadi pencetak skor Barca vs Alaves dengan menyumbang 2 gol. Hasil Copa del Rey ini membawa Barca melenggang mulus ke babak 16 besar dengan agregat 6-1.

Tito Vilanova menurunkan trio Thiago Alcantara-Cristian Tello-David Villa dalam pertandingan Barcelona vs Alaves. Dengan keunggulan 0-3 di kandang lawan, Barca memang sangat diunggulkan untuk menggempur Alaves yang datang dengan formasi 4-2-3-1 dan mengandalkan seorang Borja Viguera.

Seperti biasa, tidak ada pertandingan yang tak diwarnai dominasi Barca dalam mengolah si kulit bundar. Namun, seperti biasa pula, pertahanan pasukan Catalan mudah sekali dikoyak. Dan hal ini terasa benar di menit 17. Miki mengirimkan umpan silang terukur dari sisi kiri pertahanan Barcelona. Martin Montoya tak mampu menghadang Viguera yang menanduk bola ke sudut jauh dan Jose Manuel Pinto tak bisa berbuat banyak. Gol! Seisi Camp Nou tersentak. Viguera bahkan membawa bola sendiri ke tengah lapangan, seolah berharap akan ada gol kedua dan ketiga dari Alaves.

Barca yang tertinggal, berusaha mengepung Alaves. Urusan ball possessions, mereka adalah raja. Namun, mencari celah di lini belakang tim tamu yang demikian penuh baru bisa dilakukan di menit 35. Ketika itu, Adriano menusuk dari sisi kiri pertahanan lawan, dan Thiago Alcantara dengan jitu menyodorkan umpan terobosan kepadanya. Sang bek Brazil pun sukses menjaringkan gol ke gawang Sergio Herrera. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Barcelona vs Alaves 3-1 (2)

Babak kedua dimulai, Barca langsung menyerang dengan konstan. Hasilnya adalah gol cepat dari David Villa. Yang pertama, dari tendangan bebas di menit 55. El Guaje yang mendapatkan posisi ideal, memilih sudut kiri gawang tim tamu untuk membalikkan keadaan.

Seperti belum cukup membuktikan ketajaman, Villa menunjukkan tajinya di menit 58. Thiago melepaskan umpan lambung jauh kepada Cristian Tello dan pemain muda ini menyodorkan bola kepada Villa yang tanpa kesalahan menjaringkan gol ketiga Barca; sekaligus gol ketiganya di Copa del Rey 2012.

Hingga pertandingan usai, skor tidak berubah. Barca lolos dengan agregat 6-1. Dan hari ini, nama Thiago Alcantara kembali menarik perhatian. Permainannya yang memukau menjadi kunci kebangkitan Barca. Sang juara bertahan pun melanjutkan misi merengkuh Copa del Rey 2012-2013.

Barcelona (4-3-3):  Pinto; Montoya, Puyol (Fabregas ’78), Mascherano, Adriano (Planas ’73); Song, Thiago, Jonathan Dos Santos (Deulofeu ’68); Sergi Roberto, Villa, Tello

Alaves (4-2-3-1): Sergio Herrera; Óscar Rubio, Agustín, Luciano, Javi hernández, Manu García; Jaume, Miki, Jonan (Llamas ’80), Luismi (Guzman ’67); Viguera (Asier Barahona ’67)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda