Scroll to Top

MediaTek Kembangkan Prosesor 8 Core

By Ditya / Published on Thursday, 29 Nov 2012

MediaTek

MediaTek, desainer prosesor System on Chip (SoC) terkemuka yang banyak digunakan oleh smartphone kelas menengah kebawah ini dikabarkan sedang menyiapkan prosesor 8 core untuk menangani aplikasi mobile kelas berat.

Perusahaan chip SoC asal negeri Tirai Bambu yang dikenal dengan jajaran prosesor MTK ini dikabarkan sedang menyiapkan prosesor kelas atas dengan 8 inti pemroses atau octa-core. MediaTek tampaknya akan mencoba bersaing dengan prosesor SoC kelas atas seperti Nvidia Tegra, Samsung Exynos, dan Qualcomm Snapdragon.

Prosesor 8 core besutan MediaTek tersebut adalah MT6599 SoC yang dibuat dengan menggunakan proses fabrikasi 28nm yang diklaim akan kompetitif melawan pesaingnya, seperti Nvidia, Qualcomm, dan Samsung.

Sampai saat ini belum jelas seperti apakah prosesor 8 core MediaTek MT 6599, apakah akan menggunakan 8 core ARM Cortex-A15 yang memiliki performa tinggi atau menggunakan 2 buah quad-core yang terdiri dari 4 core ARM Cortex-A7 dan 4 core ARM Cortex-A15.

Desain yang mengkombinasikan prosesor ARM Cortex-A7 dan ARM Cortex-A15 ini telah digunakan oleh Samsung pada prosesor yang menggunakan kode Big.little chip yang konon akan menjadi dapur pacu utama smartphone Samsung Galaxy S4.

Untuk grafis, prosesor MediaTek MT6599 ini juga belum diketahui dengan jelas. Namun, kemungkinan MediaTek MT6599 ini akan menggunakan grafis quad-core dari Mali atau quad-core dari PowerVR seperti yang biasa digunakan pada jajaran prosesor MediaTek lainnya.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (27/11/2012), meski prosesor ini membidik pasar tablet kelas atas, tapi produk pertama yang akan menggunakan prosesor MediaTek MT6599 ini adalah smartphone ZTE Apache. Sampai berita ini diturunkan, tak ada komentar resmi dari ZTE maupun MediaTek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda