Scroll to Top

Youtube Tambah Fitur Caption Otomatis di 6 Bahasa

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 29 Nov 2012

Youtube Caption

Youtube tambah fitur caption otomatis di 6 bahasa yang berbeda. Kini pemirsa Youtube tak bakal kebingungan lagi ketika menikmati video di bahasa yang mereka tak pahami.

Caption sangat penting untuk memastikan pemirsa mengerti video yang diputar di Youtube dalam bahasa yang mereka tidak mengerti,” tulis Hoang Nguyen, Software Engineer di Youtube blog.

Fitur ini pertama kali ditambahkan pada tahun 2009. Kala itu video yang berbahasa Inggris secara otomatis menampilkan caption yang ada.

Kemudian caption untuk Bahasa Jepang, Korea, dan Spanyol kemudian ditambahkan. Dan kali ini, Youtube menambah 6 bahasa baru: Jerman, Italia, Perancis, Portugis, Rusia, serta Belanda.

Cara menampilkannya sangat mudah. Tinggal menklik tombol caption di pemutar video Youtube yang letaknya di sebelah kiri tombol kualitas video. Nantinya tinggal memilih bahasa yang diinginkan.

Secara total Youtube telah menambahkan caption otomatis di 10 bahasa yang berbeda. Caption mungkin mengalami eror di beberapa video. Namun Yotube menyediakan tool khusus untuk menyempurnakannya.

Lantas bagaimana dengan Bahasa Indonesia? Sayangnya fitur tersebut untuk bahasa nasional kita belum mendukung. Namun Anda tetap bisa menikmati caption dalam Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan fitur terjemahan.

Youtube Caption

Fitur terjemahan ini masih beta. Cara mengaktifkannya hampir sama dengan fitur caption. Hanya tinggal menklik tombol terjemahan (beta) dan kemudian pilih bahasa yang ingin diterjemahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda