Scroll to Top

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Andres Iniesta: Tiga Finalis Ballon d’Or 2012

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 30 Nov 2012

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Andres Iniesta Tiga Finalis Ballon d'Or 2012

Akhirnya terjawab sudah siapa tiga kandidat terakhir untuk Ballon d’Or 2012. Seperti yang sudah diperkirakan, nama Lionel Messi (Barcelona/Argentina), Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal), dan Andres Iniesta (Barcelona/Spanyol) mengalahkan 20 kandidat pemain terbaik dunia lain. Kini, ketiga nama ini, yang sebelumnya juga sudah bersaing dalam perebutan gelar Pemain Terbaik Eropa 2012, akan menunggu pengumuman FIFA pada Senin, 7 Januari 2013 mendatang. Siapa di antara ketiganya yang akan meraih Ballon d’Or? Apakah Lionel Messi akan mendapatkan gelar ini untuk yang keempat kalinya berturut-turut? Ataukah Cristiano Ronaldo yang memperoleh gelar kedua? Jangan-jangan, Andres Iniesta kembali menjadi kuda hitam di antara himpitan King Leo dan CR7?

FIFA sudah mengumumkan tiga kandidat terakhir untuk peraih Ballon d’Or. Bukan sebuah kejutan ketika nama Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Andres Iniesta yang muncul. Ketiganya memang yang tergemilang sepanjang tahun 2012 ini. King Leo telah memecahkan sekian rekor sepanjang tahun. Mulai dari mencetak 5 gol dalam sebuah pertandingan ketika Barca melawan Leverkusen (7-1), top skor Barcelona sepanjang masa, top skor Liga Spanyol tersubur dalam semusim (50 gol), hingga melewati catatan Pele dengan mencetak 82 gol dalam setahun —dan jumlah ini masih bertambah.

Messi, Cristiano, Iniesta

Cristiano Ronaldo, tak terbantahkan lagi, adalah penyerang haus gol terbaik. Rentetan golnya membawa Real Madrid mengangkangi Barcelona dua kali. Yaitu, di Liga Spanyol musim 2011-2012 dan Piala Super Spanyol 2012. CR7 menjadi pencetak gol kemenangan Madrid atas Barca di Camp Nou di ajang La Liga. Dan dua golnya di masing-masing pertandingan, membawa Madrid unggul agregat atas klub yang sama di Supercopa de Espana. Ronaldo juga membawa Los Blancos menjadi tim pertama di La Liga yang meraih 100 poin plus 121 gol.

Sementara itu, meski tak sehingar-bingar kedua nama lain, Andres Iniesta tak kalah maut. Ia menjadi tokoh kunci keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2012. Sekaligus, aktor terpenting untuk Barcelona. Iniesta sudah membuktikan kualitasnya ketika berhasil mengalahkan Cristiano dan Lionel Messi di ajang Pemain Terbaik Eropa 2012. Andai Iniesta meraih Ballon d’Or tahun ini, ini akan gelar pemain terbaik dunia pertama baginya.
Nah, siapakah yang akan menjadi yang terbaik? Apakah Lionel Messi? Cristiano Ronaldo? Atau Andres Iniesta? Silakan tulis pendapat Anda dalam kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda