Scroll to Top

Minum Soda Setiap Hari Meningkatkan Resiko Kanker Prostat Sampai 40%

By C Novita / Published on Friday, 30 Nov 2012

minuman soda tingkatkan kanker prostat

Konsumsi minuman soda 300 ml setiap hari ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker prostat hingga 40%. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan studi selama 15 tahun yang dilakukan oleh ilmuwan dari Swedia dan telah dipublikasi pada American Journal of Clinical Nutrition.

Kanker prostat adalah salah satu jenis penyakit yang paling umum dialami oleh kaum pria, dan diperkirakan disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebih serta makanan berkarbohidrat.

Dalam hal ini minuman soda, adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh warga Inggris, mengandung kadar gula tinggi hingga berisiko menyebabkan serangan jantung , diabetes, tulang rapuh, kanker pankreas, kelemahan otot, kelumpuhan, dan juga kanker prostat.

Peneliti dari Lund University, Isabel Drake, juga menemukan hal yang sama, yaitu hubungan antara konsumsi minuman manis dan penyakit tersebut di atas.

Dikutip dari Dailymail, peneliti tersebut mengatakan:

“Di antara orang-orang yang minum banyak minuman ringan kami melihat peningkatan risiko kanker prostat sekitar 40 persen.”

Tak hanya minuman ringan, nasi, pasta, kue, biskuit, juga sereal manis pun diduga menjadi penyebab timbulnya penyakit namun dengan gejala ringan.

Memang ada peneliti lain yang mengatakan bahwa kanker prostat juga ada hubungannya dengan genetika, namun jenis makanan pun diakui sangat berpengaruh terhadap penyakit yang diderita seseorang.

Jadi dari pada mengobati, lebih baik mencegah bukan? Kurangi konsumsi minuman bersoda dan perbanyak minum air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda