Scroll to Top

Jose Mourinho vs Pep Guardiola di Kandidat Pelatih Terbaik Dunia 2012

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 30 Nov 2012

Jose Mourinho vs Pep Guardiola di Kandidat Pelatih Terbaik Dunia 2012

Jose Mourinho dan Pep Guardiola akan kembali bersaing. Tapi, bukan di lapangan hijau. Keduanya, bersama Vicente Del Bosque, terpilih sebagai tiga kandidat pelatih terbaik dunia 2012. Kehadiran ketiga pelatih ciamik sebagai finalis ini, mengulang memori dua tahun lalu. Ketika itu, dalam ‘himpitan’ Vicente Del Bosque, dan Josep Guardiola, The Special One sukses merengkuh gelar pelatih terbaik dunia tahun 2010. Akankah hal yang sama terulang tahun ini?

Jose Mourinho vs Pep Guardiola. Duel panas antara dua ahli strategi. Kita menikmati pertarungan keduanya hingga Pep memutuskan tak memperpanjang kontrak di Barcelona pada pertengahan tahun lalu. Dan kini, persaingan Mou vs Pep kembali bisa dirasakan. Bukan di lapangan karena eks gelandang Barca belum menemukan klub baru. Melainkan dalam ajang pelatih terbaik dunia 2012. Bersama Vicente Del Bosque, Jose Mourinho dan Pep Guardiola terpilih sebagai tiga finalis penghargaan ini.

Vicente Del Bosque, adalah tokoh sentral di balik keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2012. Dengan taktik unik 4-6-0 yang beberapa kali diperagakan La Furia Roja, gelar Euro ketiga berhasil diraih. Caranya pun sensasional, menumbangkan Italia 4-0 di partai final. Wajar jika namanya masuk sebagai salah satu nominator. Jangan lupa, di bawah tangan dingin mantan pelatih Real Madrid, dua tahun lalu Spanyol menjuarai Piala Dunia Afrika Selatan.

Jose Mourinho, untuk pertama kalinya berhasil menjuarai Liga Spanyol musim 2011-2012. Ia membantu Real Madrid mematahkan dominasi Barcelona. Caranya pun mengesankan. Meraih 100 poin dan 121 gol, terbaik sepanjang sejarah La Liga. Tahun ini, The Special One juga berhasil membuat Los Merengues memboyong Pial Super Spanyol dengan menekuk sang rival abadi, Barcelona.

Pep Guardiola, tahun ini memang cuma berhasil membawa Copa del Rey sebagai gelar perpisahannya untuk Barca. Namun, dalam lima bulan pertama tahun 2012, ia tetap sukses membawa klub Catalan menampilkan sepakbola menyerang yang memikat semua orang.

Sedikit bernostalgia, ketika Jose Mourinho menjuarai gelar pelatih terbaik dunia tahun 2010, kala itu ia juga mesti bersaing dengan del Bosque dan Pep. Nah, apakah akan terjadi deja vu tahun ini? Artinya, gelar akan kembali diambil oleh The Special One? Ataukah Vicente Del Bosque yang sukses memboyong gelar pertamanya sebagai pelatih terbaik dunia, sejak ajang ini diadakan pada 2010? Atau mungkin, Pep Guardiola yang mencuri peluang dari dua pesaingnya? Silakan tulis jago Anda di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda