Scroll to Top

Manfaat Berendam dengan Garam Laut Mati

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Nov 2012

garam laut mati

Ada satu produk kosmetik alami yang akhir-akhir ini cukup digemari, yaitu garam Laut Mati. Bentuknya seperti garam umumnya. Garam ini diambil dari melimpahnya kristal garam di Laut Mati yang ada di kawasan Timur Tengah. Banyak wisatawan yang memanfaatkan garam itu untuk dicampurkan ke dalam air mandi. Dan, manfaatnya memang cukup banyak.

Sebagai informasi, dalam garam Laut Mati mengandung 21 macam mineral. Di antaranya adalah magnesium, kalium, natrium, belerang, seng, kalsium, klorida, iodida, dan bromida yang berguna untuk kesehatan tubuh. Saat ini, garam Laut Mati sudah banyak dipedagangkan dalam kosmetik eceran kecil yang bisa didapatkan di banyak tempat, termasuk Indonesia.

Dikutip dari MindBodyGreen, setidaknya ada lima manfaat berendam di air garam Laut Mati:

  1. Menurunkan tingkat stres. Ketika garam Laut Mati dilarutkan pada air hangat dengan konsentrasi tinggi, bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Anda bisa berendam dalam air hangat tersebut dan segera mendapatkan pikiran yang lebih rileks.
  2. Mengurangi dan menyembuhkan insomnia. Kala mandi dengan garam Laut Mati, magnesium secara efektif masuk melalui kulit. Efeknya, magnesium membuat Anda memperoleh tidur malam yang lebih berkualitas.
  3. Meredakan nyeri artritis. Pasien artritis bisa mendapatkan manfaat juga dengan mandi garam Laut Mati. Sebab, sebuah studi menyebutkan, garam Laut Mati  dapat memberi efek positif pada pengobatan osteoartritis, rheumatoid artritis, dan psoriatis artritis. Studi di Jerman menyebutkan, dengan berendam 20 menit sehari dengan garam Laut Mati bisa mengurangi keluhan osteoarthritis, pembengkakan jaringan lunak, nyeri, dan masalah jangkauan gerak.
  4. Mengatasi masalah psoriasis. Beberapa studi mengatakan garam Laut Mati memiliki manfaat pada membaiknya penyakit psoriasis. Pasien dengan keluhan ini, yang mandi air garam Laut Mati berkonsentrasi 10 persen sebanyak  3-4 kali dalam seminggu, bisa mendapatkan efek membaiknya keadaan.
  5. Menyembuhkan eksim. Merendamkan bagian tubuh yang kena eksim ke dalam air garam Laut Mati dapat mengatasi peradangan karena eksim, membuat kulit terhidrasi, dan meningkatkan fungsi penghalang pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda