Scroll to Top

FB Bug Terbaru, Pengguna Rejoin Grup Setelah Leave

By Ibnu Azis / Published on Friday, 30 Nov 2012

Facebook Blokir

FB bug kembali muncul. Banyak pengguna yang mendapati kejanggalan aktivitas grup mereka: grup yang telah ditinggalkan (leave) entah mengapa mereka bergabung kembali (rejoin).

Salah satu pengguna yang melaporkan kejanggalan ini ke Facebook Help Center adalah Mary Langley Pettit. Jam tiga pagi, ia menerima 50 notifikasi grup yang mana ia tak bergabung lagi dengan grup tersebut.

“Jam 3 pagi saya sedang tidur dan terbangun dengan 50 notifikasi dari ponsel tentang sebuah Facebook grup. Entah kapan saya join namun saya tak pernah join,” tulisnya.

Pengguna lain yang ketiban sial adalah Bobby Clarke. Tanpa ia tahu dan sadari, tiba-tiba saja akun Facebook-nya telah subcribe di 250 grup.

https://twitter.com/Bobby_Clarke/statuses/273779262841044994

Pengguna lain Carrie Cutforth Young menulis pengalaman yang sama. Ia sangat khawatir bilamana data pengguna di secreat group dimanfaatkan oleh member tak bertanggung jawab. Sebab pengguna lama yang telah 5 tahun yang lalu leave, tiba-tiba saja rejoin.

Jane CSIRT mengalami pengalaman cukup unik. Facebook grup yang ia moderasi tiba-tiba saja bertambah 400 anggota baru dalam semalam.

Lantas apa sesungguhnya yang terjadi dengan Facebook Group ini? Facebook menawarkan 3 macam jenis grup pada pengguna: secreat, closed, dan open.

Tiap jenis grup tersebut miliki spesifikasi dan kemampuan yang berbeda sesuai dengan ketentuan. Grup secreat misalnya. Hanya member grup tersebut yang tahu jika grup itu eksis, pun juga hanya member yang bisa melihat postingan dan pengguna yang join di dalamnya.

Soal pemberitahuan juga demikian. Pengguna bisa mengatur notifikasi di tiap grup yang bergabung untuk berlangganan atau tidak. Soal penambahan anggota juga sama. Tinggal men-setting-nya di menu pengaturan. Bisa otomatis atau harus mendapat persetujuan admin.

Namun jika melihat dari pengakuan pengguna Facebook di atas di pelbagai pengalaman yang mereka tuliskan, bisa jadi FB sedang mengalami bug. Umumnya bug ini tak bertahan lama. Ketika ada laporan yang masuk, Facebook pasti langsung menindaklanjutinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda