Scroll to Top

Remaja Belajar Urusan Seksual dari Teman-Temannya

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Nov 2012

pacaran

Banyak remaja yang masih “bau kencur” mengenal seks dari teman-temannya. Usia mereka yang masih amatir untuk bisa memahami persoalan seksual dengan benar, banyak yang tergiur untuk mengenal seks lebih dalam. Dari studi yang dilakukan International Planned Parenthood Federation (IPPF), menyebutkan, 38 persen remaja yang diamati mengaku mendapatkan informasi utama tentang seks dari temen mereka.

Studi ini melibatkan 7.662 relawan remaja dan dewasa awal yang berusia 16 – 24 tahun, dan orang dewasa berusia 25-34 tahun. Kebanyakan dari para relawan ini memperoleh informasi seks dari jalan yang salah dan kurang terpantau oleh anggota keluarga yang lebih dewasa.

“Orang muda membutuhkan sumber yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan dari informasi tersebut harus benar dididik,” kata Tewodros Melesse, Direktur Jenderal IPPF, seperti dikutip Times of India.

Kemungkinan remaja memilih membahas seks dengan temannya karena dipandang lebih nyaman. Mereka sungkan jika harus membahasnya bersama orang tua atau anggota keluarga lain. Padahal, keluarga penting keberadaannya untuk menjelaskan pendidikan seks yang benar. Dalam studi ditemukan, hanya  empat persen remaja yang mendapatkan informasi seks dari keluarga.

Sebagian besar, informasi seksual pada remaja didominasi dari jalan lainnya. Sekitar 19 persen remaja belajar tentang seks dari teve dan media massa. Ada 18 persen remaja yang mempelajarinya dari sekolah, dan 14 persen dari internet.

“Kita benar-benar membutuhkan keluarga untuk mengajar orang-orang muda tentang seks, kesehatan seksual, dan perilaku (seks) yang bertanggung jawab,” kata Melesse. “Tidak membahas tentang hal itu dalam keluarga, sebenarnya meningkatkan risiko dibanding mencegah mereka (untuk melakukan seks dini),” tambah Melesse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda