Scroll to Top

Head To Head Sejak 1957, Timnas Indonesia Lebih Unggul Dari Malaysia

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 30 Nov 2012

Indonesia Vs Malaysia

Sabtu 1 Desember 2012, laga menegangkan akan terjadi di partai terakhir grup B antara Timnas Indonesia vs Malaysia. Laga ini bisa dibilang sebagai hidup mati kedua tim, di ajang AFF kali ini.

Laga tersebut bisa menjadi penentuan hidup mati perebutan tiket ke babak semifinal. Dan untuk lolos, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang.

Timnas Indonesia Vs Malaysia Sabtu (1/12/2012) mendatang, akan menjadi pertemuan ke-65 bagi kedua tim di level senior.

Jika dilihat dari sejarah pertarungan antar Timnas Indonesia Vs Malaysia, rival keduanya sudah mulai berlangsung sejak tahun 1957.

Dan jika dikaitkan dengan penyelenggaraan turnamen Piala AFF, Timnas Indonesia memang masih unggul atas Malaysia dalam rekor head to head.

Dari 64 pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia mampu menang 29 kali, 20 kali kalah dan 15 pertandingan yang berakhir imbang.

Khusus di Piala AFF sejak 1996, Timnas Indonesia punya statistik yang lebih baik dengan 4 kali menang dari 7 laga melawan Malaysia.

Timnas Malaysia lebih dulu menang atas Indonesia di partai semifinal Piala Tiger 1996, dengan skor 3-1. Kemudian di tahun 2002 pada ajang yang sama, Indonesia sukses meraih kemenangan dengan skor 1-0.

Pada tahun 2004 dengan format home-away di babak empat besar, Malaysia menang lebih dulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan skor 2-1.

Namun Timnas Indonesia mampu membalas 4-1 di Stadion Bukit Jalil, setelah sebelumnya tertinggal 1-0 hingga pertengahan babak kedua.

Dua tahun lalu (AFF 2012) pada fase grup, Indonesia menang dengan skor telak atas Malaysia 5-1. Hingga kedua tim kembali bertemu di partai final.

Sayangnya pada final leg pertama, Timnas Indonesia harus kalah 0-3 di Bukit Jalil, meski Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan tipis 2-1 pada leg kedua di GBK.

Lantas bagaimanakah hasil pertandingan Sabtu 1 Desember 2012 mendatang di stadion Bukit Jalil? Patut untuk disimak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda