Scroll to Top

Tiga Wisata Air Terjun Pilihan di Sumatra Selatan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Nov 2012

lematang

Berkunjung ke Sumatra Selatan kurang lengkap kalau belum mengunjungi kekayaan wisata alam berupa air terjun. Provinsi ini memiliki tiga air terjun dengan pemandangan alam yang sangat indah. Airnya cukup jernih karena berasal dari mata air yang terjaga, Ingin mencoba kesegaran airnya? Coba kunjungi tiga air terjun berikut ini seperti dikutip Tourism News:

  1. Air Terjun Curup Tenang. Sumber mata air yang menyuplai air terjun ini belum pernah kering. Ketinggian jelajah terjunnya air mencapai 99 meter. Letaknya ada di Desa Bedegung yang menjadi wilayah Kecamatan Tanjung Agung di selatan Muara Enim.  Untuk menuju tempat bisa kurang lebih memakan waktu perjalanan sekitar tiga jam dari kota Palembang. Di sana terdapat mess yang bisa ditinggali jika ingin menginap beramai-ramai.
  2. Air Terjun Tujuh Panggung. Sesuai namanya, di lokasi air terjun ini terdapat tujuh air mancur dengan tinggi bervariasi. Selain itu, ada juga dua sumber air panas yang letaknya kurang lebih 1,5 jam dari air terun dengan berjalan kaki. Untuk sampai di air terjun ini, pengunjung mesti transit di Desa Tanjungalam. Setelah itu, harus jalan kaki dulu dua jam karena lereng bukit tidak bersahabat bagi jalan kendaraan. Pengunjung mesti sedikit kerja keras untuk bisa ke air tejun yang indah ini.
  3. Air Terjun Lematang. Keelokan air terjun inisalah satunya adalah ketinggiannya. Sebab, air jatuh dengan jarak sekitar 40 meter. Untuk bisa mencapai dasar air terjun, pengunjung dapat memanfaatkan tangga. Jika capek saat naik-turun, pengunjung bisa berhenti dan menikmati hidangan di warung atau sekadar duduk di kursi yang disediakan. Untuk bisa mencapai air terjun Lematang, bisa ditempuh sekitar enam jam perjalanan dari Palembang. Sebab, air terjun berada di pusat Kota Pagar Alam yang jaraknya 298 kilometer dari Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda