Scroll to Top

PSSI Himbau Suporter Indonesia Tertib Di Bukit Jalil

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 01 Dec 2012

Panasnya emosi sebelum partai pamungkas Indonesia Vs Malaysia di grup B AFF CUP 2012, membuat PSSI mengeluarkan himbauan kepada pada suporter Indonesia yang berniat menonton secara langsung di Stadion Bukit Jalil Malaysia.

Apa yang dilakukan PSSI ini bukan tanpa alasan. Sebab saat Timnas Indonesia menang 1-0 atas Singapura, Rabu (28/11) lalu terjadi kasus pemukulan terhadap suporter Indonesia yang dilakukan sekelompok orang yang diduga adalah suporter Malaysia.

Salah satu yang menjadi korban adalah ketua Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) wilayah Malaysia, Sagir Alva.

Tidak hanya itu, sejumlah suporter Indonesia lainnya juga menjadi korban atas tindakan tidak sportif yang dilakukan suporter tuan rumah itu.

Masalah ini pun menjadi perhatian serius bagi PSSI. Alhasil PSSI dan dibantu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, sudah melayangkan surat kepada Pemerintah Malaysia untuk menjamin keamanan bagi setiap penonton termasuk suporter Indonesia.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, PSSI akhirnya mengimbau agar para suporter Indonesia yang menyaksikan langsung laga itu untuk menjaga sikap dengan menaati aturan dan tertib.

Dengan demikian, para suporter yang sebagian besar TKI itu tidak melakukan provokasi atau terpancing dengan provokasi suporter tuan rumah.

“Menyadari tingginya tensi pertandingan saat timnas Indonesia menghadapi tuan rumah Malaysia, PSSI mengimbau agar semua pendukung skuad “Merah Putih” yang hadir di Stadion Bukit Jalil pada Sabtu (1/12) mendatang mentaati aturan dan tata tertib yang ada, serta tidak bertindak provokatif dan tidak terpancing dengan provokasi pihak lain” demikian himbauan PSSI.

PSSI juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM), agar keamanan benar-benar bisa tercipta di pertandingan ini.

“PSSI juga telah berkoordinasi dengan Football Association of Malaysia (FAM) untuk membangun kerjasama keamanan dan keselamatan suporter. Hal tersebut demi kalancaran laga yang cukup menentukan perjalanan timnas Indonesia maupun Malaysia  di ajang AFF Suzuki Cup tahun ini” tambah PSSI.

Pertemuan antara Malaysia Vs Indonesia di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia, Sabtu (1/12) memang diprediksi akan sarat emosi.

Tidak hanya para pemain yang tengah bertarung di atas lapangan, tapi juga para suporter kedua tim yang menyaksikan langsung di dalam stadion.

Indonesia hanya membutuhkan minimal hasil imbang untuk bisa memastikan diri lolos ke babak semi-final.

Namun untuk Malaysia, kemenangan adalah harga mati. Terlebih pertandingan berlangsung di kandang sendiri, mereka pastinya tidak mau menahan malu di depan publik sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda