Scroll to Top

Timnas Indonesia: Strategi Nil Maizar Hadapi Malaysia

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 01 Dec 2012

Pelatih Timnas Indonesia Nil Maizar, telah melakukan beberapa analisa berkaitan dengan laga terakhir di grup B AFF Cup 2012 menghadapi Malaysia. Dalam konfirmasinya, beberapa hal telah dipersiapkan meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan sesaat sebelum pertandingan digelar.

Menghadapi tim asuhan Rajagobal tersebut, Nil Maizar berusaha untuk menjaga motivasi para pemain Timnas Indonesia yang memang sedang mengalami peningkatan pasca kemenangan tipis dipartai terakhir melawan Singapura.

“Motivasi pemain saat ini bagus. Mereka juga telah siap untuk diturunkan pada pertandingan nanti” jelas Nil Maizar, Jumat (30/11/2012).

Kecepatan saat menyerang dan kekuatan dalam bertahan, ternyata menjadi perhatian khusus bagi Nil Maizar.

Nil juga mengaku telah menyiapkan simulasi yang kelak akan dipraktekan di lapangan, meski untuk para pemain yang diturunkan baru akan diumumkan hari ini (Sabtu, 1/12/2012).

“Simulasi telah kami lakukan. Tetapi, siapa saja pemain yang akan diturunkan masih dalam pembahasan” jelas Nil.

Absennya palang pintu Wahyu Wijiasnanto karena terkena akumulasi kartu kuning, juga menjadi kendala Nil Maizar. Beberapa pemain pun dipersiapkan untuk menggantikan posisi Wahyu.

Di antaranya Raphael Maitimo, Valentino Telaubun, dan Corneles Gedi. Selain itu juga dipersiapkan Hamdi Ramdan, meski saat ini kondisi kesehatannya belum maksimal.

Sementara itu untuk posisi penjaga gawang, Nil Maizar masih harus memilih antara Endra Prasetya atau Wahyu Tri Nugroho.

Mengingat hukuman kartu merah Endra sudah berakhir dan Wahyu juga cukup bermain apik saat menghadapi Malaysia.

Namun siapa pun pemain yang kelak akan diturunkan menghadapi Malaysia, Nil tetap berharap agar Timnas Indonesia bisa bermain maksimal karena ini menyangkut harga diri bangsa dan negara.

“Ini adalah pertandingan bergengsi dan menyangkut harga diri bangsa. Makanya, kita harus maksimal untuk mencapai hasil terbaik” harap Nil Maizar.

Sementara itu ketika dimintai komentarnya, pemain tengah Taufiq mengaku siap menjalankan instruksi Nil Maizar.

Sebagai pengatur serangan, Nil berpesan agar pemain Persebaya itu lebih bermain cerdik agar bisa menangkal serangan cepat dari Malaysia.

“Memang Malaysia tim kuat, tapi kami juga sudah siap untuk menghadapinya. Yang jelas, ada motivasi lebih untuk mengalahkan Malaysia” ungkap Taufiq.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda