Scroll to Top

Facebook Luncurkan Photo Sync, Mudahkan Sinkronisasi Foto dari Smartphone

By Ditya / Published on Saturday, 01 Dec 2012

Photo Sync

Beberapa waktu lalu raksasa jejaring sosial Facebook melakukan ujicoba pada fitur baru yang disebut dengan Photo Sync. Kini Facebook mengumumkan peluncuran fitur Photo Sync untuk memudahkan sinkronisasi foto pengguna dari smartphone ke jejaring sosial.

Secara umum cara kerja fitur Photo Sync besutan jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini adalah mengunggah atau upload foto otomatis dari smartphone milik pengguna ke album pribadi pengguna di Facebook.

Album foto yang dibuat oleh fitur Photo Sync di Facebook bersifat private, atau hanya pengguna saja yang dapat melihatnya. Namun, pengguna cukup mengubah pengaturan privasinya dengan menandai foto yang dimaksud kemudian merubah privasi dari private menjadi public.

Fitur Photo Sync ini telah resmi diumumkan kehadirannya oleh Facebook dan akan dapat diakses oleh seluruh pengguna Facebook secara bertahap. Layanan Photo Sync yang ditawarkan Facebook ini mirip layanan Photo Stream besutan Apple yang juga secara otomatis mengirim koleksi foto pengguna di smartphone ke layanan penyimpanan berbasis Cloud.

Photo Sync besutan Facebook ini kabarnya kompatibel dengan sistem operasi Apple iOS dan Android, sehingga pemilik kedua smartphone tersebut akan segera memiliki akses ke fitur Photo Sync. Belum ada informasi resmi dari Facebook mengenai dukungan Photo Sync untuk platform Windows Phone dan BlackBerry.

Fitur ini mungkin akan menjadi kontroversi dikalangan pengguna, mengapa? Bagi pengguna yang menginginkan privasi terhadap foto-foto yang tersimpan di smartphone mungkin fitur Photo Sync dari Facebook ini malah mengganggu, meski Photo Sync menyimpan foto di album secara private.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (30/11/2012), bagi pengguna yang sering berbagi foto atau menikmati foto-foto di jejaring sosial Facebook, jelas, fitur Photo Sync ini akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk mempermudah berbagi foto dengan teman-teman di Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda