Scroll to Top

Prosesor Quad Core Akan Dominasi Notebook Tahun 2016 Mendatang

By Ditya / Published on Saturday, 01 Dec 2012

Laptop AMD

Berdasarkan penelitian dan survei yang dilakukan oleh lembaga riset pasar, IHS iSuppli, memperkirakan bahwa pasar notebook akan didominasi oleh notebook yang ditenagai oleh prosesor quad-core tahun 2016 mendatang, seiring dengan naiknya permintaan konsumen terhadap notebook berperforma tinggi.

“Kenaikan permintaan notebook dan dan kenaikan kemampuan komputasi yang dihasilkan oleh prosesor quad-core akan memainkan peran penting dalam meningkatkan daya saing terhadap tablet atau smartphone yang sudah mulai mengadopsi prosesor quad-core,” kata Peter Lin, analis senior untuk komputasi platform di IHS iSuppli.

IHS iSuppli memperkirakan bahwa jumlah pengiriman notebook yang ditenagai oleh prosesor quad-core akan meningkat empat kali lipat pada tahun 2012-2016. Jumlah pengiriman notebook berprosesor quad-core diperkirakan akan mencapai 179 juta unit atau sekitar 59% dari jumlah pengiriman notebook tahun 2016.

Saat ini, jumlah notebook berprosesor quad-core yang dikirimkan tahun ini hanya mencapai 48 juta unit atau 22% dari seluruh jumlah notebook yang dikirim ke pasar. Saat ini notebook dengan prosesor quad-core paling beanya berada di kelas high-end. Menurut IHS iSuppli, tahun 2016 mendatang, notebook kelas mid-end akan di dominasi oleh prosesor quad-core.

Tahun 2016, diperkirakan notebook kelas atas tak lagi dikuasai oleh prosesor quad-core, melainkan prosesor 8 core atau octa-core. IHS iSuppli juga memperkirakan bahwa notebook dengan prosesor 8 core akan mulai populer pada tahun 2016 mendatang.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (30/11/2012), meningkatnya notebook dengan prosesor quad-core ini tak lepas dari dorongan dan desakan perangkat smartphone dan tablet yang mulai mengaplikasikan prosesor quad-core, bahkan 8 core di tahun 2013 mendatang.

IHS iSuppli menambahkan bahwa notebook akan banyak ditenagai oleh prosesor quad-core yang memiliki kemampuan komputasi yang kuat agar memiliki daya saing terhadap gempuran smartphone dan tablet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda