Scroll to Top

Dell XPS 13 Gunakan Sistem Operasi Ubuntu Linux Mulai Dijual

By Ditya / Published on Saturday, 01 Dec 2012

Dell XPS 13 Ubuntu

Beberapa waktu lalu sempat diberitakan bahwa Dell berencana akan meluncurkan jajaran XPS yang mengusung sistem operasi Ubuntu Linux yang ditujukan pada kalangan developer atau pengembang aplkasi. Kini Dell XPS 13 yang menggunakan sistem operasi Ubuntu Linux telah resmi dijual.

Sistem operasi Linux memang masih menjadi sistem operasi “kelas dua” dimata masyarakat maupun kalangan industri PC. Windows masih merupakan proiritas, tapi Dell kini mencoba menawarkan produk XPS 13 yang menggunakan sistem operasi Linux.

Dell XPS 13 adalah produk Dell yang masuk kategori Ultrabook kelas atas yang dipersenjatai dengan layar berukuran 13,3 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel dan menjalankan sistem operasi open source Ubuntu Linux versi 12.04.

Dapur pacu ultrabook Dell XPS 13 ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 3517U dengan kecepatan 3GHz yang didukung dengan memori RAM sebesar 8GB serta didukung grafis dari Intel HD Graphics 4000. Tak hanya itu, Dell membekali XPS 13 dengan ruang penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) sebesar 256GB.

Dell juga menawarkan layanan ProSupport 2 tahun dan 3 tahun dengan membayar tambahan dana sebesar USD $215 untuk 2 tahun dan USD $330. Dell XPS 13 ini datang dengan balutan material karbon dan aluminium serta layar anti-gores Gorilla Glass dari Corning.

“Kami super gembira dengan meluncurnya Laptop XPS 13 Developer Edition dan ingin berterima kasih kepada semua pengembang yang telah aktif berpartisipasi dalam membantu kami membuat laptop yang dirancang khusus untuk mereka.”

“Pada dasarnya, kami dimuat mesin Dell super ramping dengan Ubuntu untuk memberikan pengembang hal penting yang mereka inginkan. Namun kekuatan dari masukan masyarakat benar-benar membantu membuat ini sukses besar,” pernyataan Dell.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (30/11/2012), laptop Dell XPS 13 yang menggunakan sistem operasu Ubuntu Linux ini ditawarkan dengan harga USD $1,449 atau sekitar Rp. 14 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda