Scroll to Top

Fakta-Fakta tentang AIDS

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 01 Dec 2012

aids

Hari ini diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Peringatan yang dilakukan setiap 1 Desember ini banyak mendapat simpati dari banyak pihak. HIV/AIDS memang penyakut yang sangat menakutkan saat ini. Sebab, belum ditemukan obat yang paling efektif untuk penyembuhan. Sistem kekebalan tubuh penderitanya semakin menurun ketika penyakit ini datang.

Di balik bahaya AIDS, ada beberapa fakta yang sebaiknya diketahui. Informasi yang dikutip dari Times of India  ini bisa dijadikan langkah kewaspadaan agar memahami tentang AIDS.

  1. Memakai kondom saat bersenggama tidak menjamin aman dari AIDS. Pasalnya, kondom mudah robek dan dimungkinkan memiliki lubang sangat kecil yang ukurannya lebih besar dari virus AIDS. Kondom mudah robek jika kadaluarsa atau disimpan dengan cara yang salah. Paling aman adalah hanya melakukan seks dengan pasangan sah yang tidak punya riwayat HIV/AIDS sebelumnya.
  2. Seks oral bisa menularkan virus AIDS. Apalagi jika saat melakukan oral, ada luka kecil yang menjadi jalan masuk virus. Memakai kondom saat oral mungkin bisa melindungi, tapi tidak 100 persen aman.
  3. Virus HIV lebih kuat bertahan hidup di dalam sel tubuh. Namun, virus ini mudah mati di lingkungan eksternal tubuh. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berinteraksi dengan orang yang hidup dengan AIDS (OHDA). Jangan melakukan diskriminasi pada mereka. Berjabat tangan berbagi toilet masih memungkinkan untuk dilakukan. Virus HIV jika di luar tubuh hanya bertahan dalam beberapa menit dan maksimal selama satu jam, sesuai volume cairan.
  4. Ibu hamil yang menderita AIDS dapat menularkan virus pada anaknya. Termasuk juga, air susu ibu yang tercemar virus HIV bisa menulari sang bayi.
  5. Dua orang yang terinfeksi HIV sebaiknya sama-sama memakai kondom saat bersenggama. Sebab, jika tidak, maka dapat menimbulkan varian lain dari virus HIV.
  6. Nyamuk bukan pembawa virus HIV. Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah kalau nyamuk menjadi penyebar virus HIV. Apalagi, virus ini tidak bisa bertahan di tubuh nyamuk sepanjang waktu. Nyamuk pun tidak menyuntikkan darah yang dibawanya saat menggigit.
  7. Memang belum ada obat HIV yang 100 persen mujarab. Namun, dengan mengonsumsi ARV, bisa memberikan harapan hidup bagi penderita AIDS walaupun tidak sepenuhnya virus akan lenyap.
  8. Virus HIV bisa menginfeksi siapa pun. Penyakit ini tidak memilih korbannya, baik kaya-miskin, kulit putih atau hitam, dan sebagainya.
  9. Perawatan terhadap AIDS belum sepenuhnya dapat membunuh virus yang masuk ke tubuh. Jadi tetap waspada agar tidak tertular jika pasangan Anda terinfeksi virus HIV.
Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda