Scroll to Top

Wanita Mudah Ditundukkan dengan Senyuman

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 01 Dec 2012

couple

Sebuah studi yang dilakukan Universitas Granada di Spanyol mengungkapkan, memberikan senyuman yang tulus adalah cara efektif untuk menarik empati wanita dan membuatnya patuh. Senyuman adalah bahasa tubuh universal yang mampu meluluhkan wanita. Pria yang memberikan senyuman pada pasangan wanitanya lebih mungkin bisa menjadi seorang “bos” dan mendapatkan perlakuan istimewa darinya.

Peneliti melakukan tiga percobaan dalam studi ini. Pada percobaan yang menugaskan relawan pria melakukan peran yang dominan, ternyata relawan wanita banyak yang menjadi penurut kala sang pria melancarkan senyuman manisnya. Peneliti mengatakan, kemungkinan ketundukan wanita ini dipengaruhi oleh munculnya “kehangatan” yang dirasakan dari keramahan pria. Sebaliknya, wanita turut menanggapi pria dengan cara yang bersahabat pula. Wanita menjadi rela melakukan perintah.

“Jika mereka (wanita) melihat senyum, maka interaksi tampaknya lebih ramah,” kata Patti Wood, seorang ahli bahasa tubuh, seperti dikutip Times of India.

Lewat temuan ini maka peneliti berkesimpulan adanya kaitan antara senyuman pria  dengan persepsi yang muncul dari benak wanita, terhadap bahasa tubuh pria tersebut. Namun, temuan ini kemungkinan sangat rentan disalahgunakan oleh pria yang tidak bertanggung jawab.

Wood mengatakan, pria dapat memanipulasi senyuman saat berinteraksi dengan wanita demi memenuhi kepentingan pribadinya. Bisa jadi, wanita banyak yang akan menjadi korban. Berhati-hati dengan senyuman pria mungkin perlu dilakukan. Sebab, di balik senyuman pria barangkali punya sifat “musang berbulu domba”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda