Scroll to Top

PSSI: Ada Perbedaan Peserta, Kongres Kembali Mundur?

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 02 Dec 2012

PSSI Silver

Kongres PSSI yang rencananya akan digelar bulan Desember 2012 ini, tidak menutup kemungkinan akan kembali mundur. Hal itu terjadi akibat adanya perbedaan, mengenai siapa sajakah kelak pihak yang akan diundang sebagai peserta kongres itu.

Hasil MoU beberapa waktu lalu telah menginstruksikan agar PSSI menggelar kongres pada bulan Desember 2012 ini.

Hanya saja pelaksanaannya bisa mengalami kemunduran, karena perbedaan pendapat mengenai peserta kongres tersebut.

Ketika dimintai konfirmasinya, Saut Sirait tidak membantah hal tersebut. Saut Sirait yang menggantikan posisi Todung Mulya Lubis, telah terlibat dalam pertemuan lanjutan Komite Bersama di Kantor PSSI Senayan Jakarta (Sabtu 1/12/2012).

Menurut Saut, perbedaan pendapat mengenai peserta kongres menjadi faktor penyebab utama kendala terselenggaranya kongres tersebut pada bulan ini.

“Kongres yang melibatkan dua realitas seperti saat ini, tidak mungkin bisa digelar pada Desember. Harus diakui, saat ini terdapat dua relitas yakni PSSI dan KPSI. Diakui atau tidak, realitas itu akan tetap ada” ungkap Saut, Sabtu (1/12/2012).

“Ya, itu termasuk menyangkut persoalan peserta. PSSI sendiri ingin mengundang peserta di kongres Palangkaraya, satu lainnya ingin peserta di kongres Ancol” tambahnya.

Namun demikian, Saut ingin kongres yang sudah diamanatkan MoU harus tetap dilaksanakan. Kongres perlu dilakukan, agar sepak bola Indonesia tak mendapat hukuman dari FIFA.

“Kita memang tidak bisa mencegah realitas itu, tapi harus dibangun kesadaran baik di pihak PSSI maupun KPSI bahwa ada hal di atas yang perlu dicapai untuk kepentingan semua. Memang butuh waktu dan proses, tapi penting untuk membangun jembatan komunikasi” tegas Saut.

Menurut Saut Sirait, peluang mundurnya kongres itu sendiri telah disampaikan kepada AFC. Namun hingga kini belum ada tanggapan resmi dari AFC mengenai hal tersebut.

“Kita sudah jelaskan ke AFC. Dua realitas yang ada harus kita sadari, tapi kita tidak mau disuspend. Tadi James Richard menyaksikan langsung, ia juga melihat perkembangan rapat Komite Bersama” tambah Saut seperti yang dilansir Bola.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda