Scroll to Top

Timnas Indonesia Masih Kalah Kelas Dengan Malaysia

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 02 Dec 2012

Hasil pertandingan Timnas Indonesia Vs Malaysia pada AFF 2012 kali ini, mungkin tidak memuaskan bagi jutaan pendukung Indonesia. Namun apa mau dikata, realitanya skuad Garuda harus menelan kekalahan dengan skor 2-0 dari Harimau Malaya.

Timnas Indonesia sempat memunculkan asa, ketika berhasil menang atas Singapura dipertandingan kedua. Ketika itu Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor 1-0, melalui gol Andik Vermansyah.

Sesaat setelah pertandingan tersebut hingga sebelum partai melawan Malaysia dimulai, optimisme seluruh pencinta sepakbola Indonesia pun membumbung tinggi.

Partai terakhir menghadapi Malaysia pasti mampu dilalui anak asuh Nil Maizar, setidaknya memaksakan hasil imbang. Karena imbang saja sudah cukup bagi Indonesia, untuk mengamankan satu tiket ke semifinal.

Ketika babak pertama dimulai hingga 15 menit pertama, Timnas Indonesia memperagakan permainan yang cantik dengan beberapa peluang yang berhasil diciptakan.

Namun sayang penyelesaian akhir yang kurang maksimal, masih menjadi kendala bagi skuad Garuda yang tampil di ajang AFF 2012 ini.

Berbeda dengan Indonesia, pemain Malaysia perlahan mulai bangkit. Satu peluang dari umpan jauh di pertengahan babak pertama, berhasil berbuah gol oleh Azammuddin Bin Mohd Akil.

Tidak sampai disitu, Malaysia mampu memperbesar kedudukan menjadi 2-0 hanya dalam waktu 3 menit melalui Mahalli Bin Jasuli.

Setelah itu, praktis permainan menjadi milik Malaysia hingga babak pertama berakhir dengan keunggulan tuan rumah.

Andik Vermansyah yang masuk menggantikan Elie Aiboy, berusaha semaksimal mungkin mengejar ketertinggalan Indonesia.

Di pertengahan babak kedua, keputusan Nil Maizar untuk memasukan Tonnie Cussel menggantikan Okto mungkin dianggap sebagai solusi terbaik.

Pasalnya ketika itu Okto sudah mulai terpancing emosi, ditambah kartu kuning dan tekanan tensi pertandingan yang semakin panas.

Sayangnya pergantian satu pemain terakhir, banyak kalangan menilai adalah sebuah pilihan yang kurang tepat.

Jonny Van Beukering yang masuk menggantikan Samsul Arif, kurang memiliki kontribusi yang berarti.

Hingga 90 menit dan tambahan waktu berakhir, Indonesia tidak mampu mengejar ketertinggalan.

Mental bertanding pemain Malaysia memang harus diakui lebih baik dari pemain Indonesia.

Semoga dikemudian hari, seluruh elemen sepakbola Indonesia mampu mengambil hikmah dari hasil AFF 2012 kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda