Scroll to Top

Barcelona Pecahkan Rekor Real Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 02 Dec 2012

Barcelona 2

Barcelona sukses meraih kemenangan besar 5-1 atas Athletic Bilbao pada Minggu, 2 Desember 2012 dini hari. Kemenangan ini tidak hanya membuat Barca saat ini unggul 6 angka dari Atletico Madrid sang pesaing terdekat. Tetapi juga, memecahkan rekor Real Madrid dalam urusan start terbaik dalam Liga Spanyol sepanjang sejarah.

21 tahun sudah rekor Real Madrid era 1991/1992 bertahan. Dan kini, rekor tersebut rusak oleh sang pesaing abadi, Barcelona. Ya, kemenangan 5-1 atas Athletic Bilbao merupakan kado khusus bagi Barca. Ada deretan catatan yang disabet oleh prajurit Tito Vilanova. Terutama, berkaitan dengan Real Madrid 91/92. Pada musim kompetisi tersebut, Los Blancos yang dikemudikan oleh Radomir Antic meraih 12 kemenangan dan 2 hasil seri hingga pekan 14. Dan kini lihatlah, anak asuh Tito Vilanova melebihi catatan spektakuler itu dengan 13 kemenangan plus hanya satu hasil seri.

Tidak hanya memecahkan rekor 21 tahun atas nama sang rival abadi, kemenangan Barca melawan Athletic juga membawa mereka melewati catatan apik yang dibuat Pep Guardiola pada musim 2010/2011; sebagai tim dengan perolehan poin terbanyak hingga pekan ke-14 La Liga.

Sejak kemenangan dihitung bernilai tiga angka (sebelumnya 2) pada musim 1995/1996, belum ada tim yang bisa melampaui rekor yang dibuat Pep Guardiola pada musim 2010-2011. Ketika itu, di pekan 14 Barca meraih 37 poin dengan catatan 12 kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah. Namun kini, sang suksesor mampu melewati Pep. Barca era Tito Vilanova meraup 40 angka dari 42 poin yang tersedia. Alias, unggul 3 poin dari Barca era Pep.

Barcelona 4

Sementara timnya terus memecahkan rekor, Lionel Messi pun demikian. Dua golnya membuat King Leo semakin mendekati catatan Gerd Muller. Kini pundi-pundi gol Messi dalam setahun telah mencapai angka 84, atau satu gol lebih sedikit daripada yang dibukukan Muller.

Selain itu, laga dini hari tadi adalah laga ke-350 Messi bersama Barcelona. Dalam sejumlah laga tersebut, King Leo mengoleksi 281 gol. 190 di antaranya dibukukan di Liga Spanyol. Dengan catatan ini, saat ini King Leo berbagi dengan Cesar Rodriguez sebagai pencetak gol terbanyak Barcelona khusus di La Liga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda